ERLANI, NIM. 312011025 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SMP SRIGUNA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
322011025_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (702kB) | Preview |
|
Text
322011025_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (904kB) |
Abstract
ABSTRAK Erlani, 2016. Keefektifan Model Think Talk Write (TTW) dalam Pembelajaran Menulis Puisi SMP Sriguna Palembang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Supriatini, S.Pd.,M.Pd., (II) Dra. Mulyati, M.Pd. Kata kunci: Model Think Talk Write, menulis puisi. Latar belakang dalam penelitian ini adalah keefektifan model Think Talk Write dalam pembelajaran menulis puisi SMP Sriguna Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Think Talk Write efektif dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Sriguna Palembang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan keefektifan model Think Talk Write dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Sriguna Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu untuk mengetahui efektif atau tidaknya model Think Talk Write dalam menulis puisi. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Sriguna Palembang yang berjumlah 255 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa, yang terdiri dari kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari penghitungan uji t maka didapatlah harga t_hitung lebih besar dibanding t_tabel pernyataan ini dapat ditulis dengan 11,43≥2,004. Ini berarti bahwa penerapan model Think Talk Write dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Sriguna Palembang atau dengan kata lain dalam pengujian hipotesis ini dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Dari penghitungan uji t maka didapatlah harga t_hitung lebih besar dibanding t_tabel pernyataan ini dapat ditulis dengan 11,43≥2,004. 1) Siswa kelas VIII SMP Sriguna Palembang hendaknya lebih giat dan bersungguh-sungguh belajar bukan hanya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia saja, melainkan mata pelajaran yang lainnya juga, khususnya dalam pelajaran menulis puisi 2) Guru Bahasa Indonesia dapat memilih dan menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar Bahasa Indonesia, khususnya dalam memahami cara membaca puisi dengan baik dan benar 3) Sekolah diharapkan dapat menyiapkan sarana dan prasarana dalam mencapai proses belajar mengajar Bahasa Indonesia, khususnya pelajaran tentang menulis puisi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1. Supriatini, S.Pd., M.Pd. 2. Dra. Mulyati, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model Think Talk Write, menulis puisi |
Subjects: | Bahasa Indonesia > Membaca |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 08 Jul 2020 06:06 |
Last Modified: | 08 Jul 2020 06:06 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/8205 |
Actions (login required)
View Item |