ERIN SRI WAHYUNI, NIM. 622016008 (2020) PENERAPAN MODELKOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 MANGUN JAYA SIRAH PULAU PADANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622016008_BAB I_DAFTAR FUSTAKA.Pdf.docx.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
622016008_BAB II_ SAMPAI BAB TERAKHIR pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) |
Abstract
Masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Mangun Jaya Sirah Pulau Padang. Bagaimana Hasil Belajar Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchangedalam meningkatkan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Mangun Jaya Sirah Pulau Padang. Bagaimana Efektivitas dalam Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Mangun Jaya Sirah Pulau Padang. Adapun Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 1 Mangun Jaya Sirah Pulau Padang yang berjumlah 24 orang siswa. Jenis data dalam penelitian skripsi ini adalah data kuantitatif dan kualitatif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan Observasi/Pengamatan, Wawancara, Angket, dan Dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange dalam meningkatkan prestasi belajar siswakelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Mangun Jaya Sirah Pulau Padang sudah Baik,karena dapat membuat siswa senang dan bersemangat untuk belajar, memotivasi siswa untuk belajar semakin meningkat, menumbuhkan pembelajaran yang efektif, siswa menghargai pendapat satu sama lain, dan siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan belajar di kelas. 2). Hasil Belajar dalam Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange dalam prestasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Mangun Jaya Sirah Pulau Padang Sudah Baik, berdasarkan evaluasi yang dilakukan ,dapat dilihat dariSiswa tertarik dalam mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam, Dan juga siswa sudah bisa menguasai bahan pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diajarkan oleh guru saat proses belajar mengajar, sehingga daya serap terhadap bahan pelajaran yang diajarkan sudah mencapai prestasi tinggi, baik secara individual, maupun kelompok. 3). Efektivitas dalam Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange dalam prestasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Mangun Jaya Sirah Pulau Padang Sudah Baik, Karena dapat dilihat dari cara mengajar guru dan aktivitas guru dalam proses belajar mengajar dengan langkah pembelajaran serta materi yang diberikan, yag dimulai dari seorang guru mengetahui karakteristik masing-masing siswa, gaya belajar siswa dari awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran. Kata Kunci: Rotating Trio Exchange, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing, 1. Azwar Hadi, S.Ag., M.Pd.I. 2. Drs.Ruskam Sua’di, M.H.I. |
Uncontrolled Keywords: | Rotating Trio Exchange, Prestasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 24 Jun 2020 06:20 |
Last Modified: | 24 Jun 2020 06:20 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/7968 |
Actions (login required)
View Item |