HAZMIN, NIM. 622016002 (2020) PENGARUH HAFALAN AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XII DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622016002 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
622016002 BAB II_ BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dalam pendidikan terdapat bermacam–macam ilmu pengetahuan yang diajarkan. Salah satu ilmu pengetahuan itu adalah Bahasa Arab. Bahasa Arab memiliki peran yang sangat urgen. Lebih–lebih bagi umat Islam. Hal ini disebabkan karena Bahasa Arab merupakan Bahasa Ilmu pengetahuan, baik ilmu–ilmu keagamaan maupun ilmu–ilmu yang lain. Dalam pengajaran Bahasa Arab terdapat beberapa materi pelajaran untuk mencari tujuan, di antaranya: percakapan (hiwar), bentuk kata dan struktur kalimat (qowaid), membaca (qiraah), dan menulis (insya). Untuk dapat menguasai Bahasa Arab maka harus dimulai dengan pembiasaan dalam berbahasa Arab, seperti: terbiasa berbicara, terbiasa mendengar dan lain–lainnya. Prestasi belajar Bahasa Arab juga dapat dipengaruhi oleh Hafalan Al- Qur‟an. Karena di Hafalan Al-Qur‟an ada kegiatan yang bisa melatih siswa seperti berbicara yaitu dalam hafalan Al-Qur‟an saat menghafal ketika membaca dan mengulang bacaan dan lain sebagainya. Hafalan Al-Qur‟an juga dapat menambah kecerdasan otak. Dengan demikian, Hafalan Al-Qur‟an juga dapat. Mempengaruhi prestasi belajar dan khususnya prestasi belajar Bahasa Arab siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (Field Research).metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, observasi ini digunakan melihat keadaan wilayah dan gejala-gejala, sedangkan angket untuk mengetahui pengaruh Hafalan Al-Qur‟an terhadap prestasi belajar Bahasa Arab, wawancara yaitu cara mengajukan pertanyaan secara langsung kepada guru dan siswa, dokumentasi untuk mengumpulkan data tentang sejarah sekolah, keadaan siswa, guru, sarana dan prasarana dan lain-lain. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan ini yaitu, populasi dalam penelitian ini seluruh siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 2 Palembang sebanyak 894 orang. Sedangkan untuk dijadikan sampel yaitu berjumlah 60 orang. Berdasarkan hasil analisis data pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Hafalan Al-Qur‟an dengan prestasi belajar Bahasa Arab. Hal ini bisa dibuktikan dengan nilai rata-rata Variabel X Hafalan Al-Qur‟an adalah 23,33. Variabel Y prestasi belajar Bahasa Arab adalah 16,93 sedangkan pengaruh Hafalan Al-Qur‟an terhadap prestasi belajar siswa kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 2 Palembang adalah rxy = 0,405. Dan berpengaruh hipotesis berbunyi: Ada pengaruh Hafalan Al-Qur‟an terhadap prestasi belajar Bahasa Arab Siswa kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 2 Palembang dapat diterima dan diterapkan. Kata kunci: Pengaruh Hafalan Al-Qur‟an, prestasi Belajar, Bahasa Arab
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing, 1. Helyadi, S.H., M.H. 2. Dr. Ani Aryati, S.Ag., M.Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Hafalan Al-Qur‟an, prestasi Belajar, Bahasa Arab |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 13 Jun 2020 06:12 |
Last Modified: | 13 Jun 2020 06:12 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/7782 |
Actions (login required)
View Item |