Tutut Melina, NIM. 332015037 (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE CONNECTED PADA MATERI MATEMATIKA UNTUK SISWA SMP KELAS VII. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
332015037_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (514kB) | Preview |
|
Text
332015037_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Melina, Tutut. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Pada Materi Matematika Untuk Siswa Kelas VII. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana Strata (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Drs. H. Muslimin Tendri, M.Pd. (II) Luvi Antari, M.Pd. Kata kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), model terpadu tipe connected. Lembar kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu sarana untuk membantu dan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar sehingga akan terbentuk interaksi yang efektif antara peserta didik dan guru dan dapat meningkatkan aktifitas peserta didik dalam peningkatan prestasi belajar.Salah satu metode pembelajaran yang dapat dipilih dan dikembangkan oleh guru adalah metode pembelajaran berbasis model pembelajaran terpadu tipe Connected. Masalah penelitian ini (1) Bagaimanakah mengembangkan LKPD berbasis model pembelajaran terpadu tipe connected pada materi matematika untuk siswa SMP kelas VII yang valid dan praktis ? (2) Bagaimanakah efek potensial dari penggunaan LKPD berbasis model pembelajaran terpadu tipe connected pada materi matematika untuk siswa SMP kelas VII terhadap hasil belajar siswa?Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD berbasis model pembelajaran terpadu tipe connected pada materi matematika untuk siswa smp kelas VIIyang valid dan praktis serta memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan yang terdiri dari dua tahap yaitu tahap preliminary dan tahap formative evaluation yang meliputi langkah self evaluation, expert reviews, one-to-one, small group, dan field test. Valid terlihat dari hasil penilaian expert,meliputi content/isi, konstruk dan bahasa sudah sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baku dan sesuai PUEBI. Praktis tergambar dari hasil uji coba small group, dimana peserta didik dapat menggunakan LKPDdenganmetode pembelajaran terpadu tipe connected dengan mudah. Berdasarkan analisis data hasil belajar peserta didik diperoleh rata-rata nilai 80 yang berarti hasil belajar peserta didik tergolong kategori baik, maka dapat disimpulkan bahwa LKPD yang telah dikembangkan memiliki efek potensial.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing, 1. Drs. H. Muslimin Tendri, M.Pd. 2. Luvi Antari, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), model terpadu tipe connected. |
Subjects: | Matematika > Ilmu Ukur (Geometri) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 17 Mar 2020 01:34 |
Last Modified: | 17 Mar 2020 03:20 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/7123 |
Actions (login required)
View Item |