PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII

PRADA ISLAMIAH, NIM. 332015038 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332015038_BAB I_DAFTAR RUJUKAN.pdf..pdf

Download (640kB) | Preview
[img] Text
332015038_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)

Abstract

ABSTRAK Islamiah, Prada. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I). Drs. H. Syaifudin, M.Pd. Pembimbing (II). Nyimas Inda K, S.Si.,M.Pd. Kata Kunci: pengaruh, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, pemahaman konsep siswa. Permasalahan yang dihadapi tentang rendahnya hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penyebabnya rendahnya hasil belajar siswa adalah pembelajaran yang dilakukan di sekolah masih berpusat pada guru (teacher centered) hal ini menyebabkan banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam pemahaman konsep matematika. Untuk dapat mengatasi masalah hasil belajar tersebut maka perlu dilakukan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Rumusan masalahnya “Apakah ada pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP kelas VIII?”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di SMP Negeri 45 Palembang dengan populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII tahun ajaran 2019/2020 yang terbagi menjadi delapan kelas yaitu kelas VIII1 sampai dengan kelas VIII8dari kedelapan kelas itu dipilih dengan teknik random sampling dengan undian untuk kelas sampel eksperimen dan kontrol, didapatkan kelas VIII8 sebagai kelas eksperimen dan VIII7 sebagai kelas kontrol. Dari perhitungan hasil kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diperoleh kelas VIII8 dengan menggunakan model pembelajaran Apakah ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning memperoleh rata-rata x ̅_1=73,5 dengan standar deviasinya adalah s_1=8,05, sedangkan kelas VIII7 tanpa menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning memperoleh rata-rata x ̅_2=63,6 dengan standar deviasinya adalah s_2=14,88. Terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan nilai rata-rata hasil kemampuan pemahaman konsep matematika siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel di SMP Negeri 45 palembang. Nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh t_hitung=2,86 dan t_tabel=2,013 dengan dk = 46 dan taraf signifikan α=0,05 karena t_hitung>t_tabel ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dari pengujian Ha yang menyatakan bahwa “Ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP kelas VIII”, diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. H. Syaifudin, M.Pd 2. Nyimas Inda Kusumawati, S.Si.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: pengaruh, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, pemahaman konsep siswa
Subjects: Matematika > Aljabar
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 12 Mar 2020 04:03
Last Modified: 12 Mar 2020 04:03
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6910

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.