Riana Rianti, 332015030 (2020) HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOKMENGGUNAKAN MICROSOFT POWERPOINT DIKELAS VIII SMP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.
|
Text
33201530_BAB I_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (352kB) | Preview |
|
Text
332015030_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) |
Abstract
Rianti, Riana. 2020. Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Kubus dan Balok Menggunakan Microsoft Powerpoint di Kelas VIII SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Bonita Hirza, M.Pd. (II) Rieno Septra Nery, S.Pd., M.Pd. Kata kunci:hasil belajar, microsoft powerpoint, kubus dan balok. Pembelajaran dengan menggunakan microsoft powerpoint adalah pembelajaran yang mempermudah dalam penyajian materi yang berupa slide-slide. Pembelajaran menggunakan powerpoint ini bisa digunakan untuk memancing siswa untuk mudah melihat, mendengar, dan memperhatikan. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan microsoft powerpoint pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah “Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan microsoft powerpoint pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP”. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMP yang berada di Kecamatan Ilir Barat II Palembang yang berjumlah 10 sekolah. Sampel yang penelitian ambil 30% dari 10 sekolah SMP di Kecamatan Ilir Barat II Palembang yaitu SMP Negeri 13 Palembang, SMP Teladan Palembang, dan SMP Tri Dharma Palembang. Dari hasil yang diperoleh didapat nilai rata-rata x ̅= 76,69dan nilai standar deviasi s=15,140. Adapun hasil belajar siswa yang didapat berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji nonparametrik dengan menggunakan uji runs test diperoleh nilai signifikan0,529 sedangkan nilai alpha 0,05, oleh karena itu sig0,529>0,05, yang berarti penerimaanH_0 dan H_aditolak, jadi hipotesis yang menyatakan bahwa “Hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan microsoft powerpoint pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP termasuk dalam kategori baik” dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Dr. Bonita Hirza, M.Pd. 2. Rieno Septra Nery, S.Si., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, microsoft powerpoint, kubus dan balok. |
Subjects: | Matematika > Ilmu Ukur (Geometri) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 11 Mar 2020 04:55 |
Last Modified: | 21 Apr 2020 01:26 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6810 |
Actions (login required)
View Item |