Silvia Putriyani, 332015014 (2020) Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving pada Materi Balok Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.
|
Text
332015014_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (329kB) | Preview |
|
Text
332015014_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) |
Abstract
Putriyani, Silvia. 2020. Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Materi Balok Kelas VIII SMP. Skripsi, Program Studi Matematika, Program Sarjana Strata 1 (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (I) Dr. Bonita Hirza, M.Pd. (II) Muslimin, M.Pd. Kata kunci :Problem Solving, hasil belajar Salah satu mata pelajaran yang memegang peranan penting baik dalam dunia pendidikan maupun kehidupan sehari-hari adalah pembelajaran matematika. Dalam proses pembelajaran siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir serta memecahkan suatu masalah akibatnya pengetahuan tersebut cepat terlupakan, sehingga masih banyak siswa mendapatkan hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu harus dicari alternatif pemecahan masalah di atas dengan menerapkan suatu pembelajaran yang mengembangkan pengetahuan serta memecahkan suatu masalah sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran problem solving pada materi balok kelas VIII SMP?” Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran problem solving pada materi balok kelas VIII SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMP yang berada di Kecamatan Seberang Ulu I Palembang yang berjumlah 10 sekolah, sampel penelitian diambil 30% dari 10 sekolah SMP di Kota Palembang yang berada di Kecamatan Seberang Ulu I yaitu SMP Negeri 48 Palembang, SMP Islamy Palembang dan SMP Muhammadiyah 5 Palembang. Berdasarkan hasil perhitungan analisis menggunakan uji runstestmaka didapatkan nilai signifikan 0,066 > 0,05 berada pada daerah penerimaan Ho. Kemudian x ̅=76,95 yang artinya hasil belajar matematika menggunakan model problemsolving pada materi balok kelas VIII SMP sama dengan kategori baik dan angka kategori baik adalah 66-79 baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Dr. Bonita Hirza, M.Pd 2. Muslimin, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Problem Solving, hasil belajar |
Subjects: | Matematika > Ilmu Ukur (Geometri) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 11 Mar 2020 04:46 |
Last Modified: | 21 Apr 2020 01:27 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6801 |
Actions (login required)
View Item |