PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP

NIA AUDINA, NIM. 332015026 (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332015026_BAB I_ SAMPAI RUJUKAN.pdf

Download (659kB) | Preview
[img] Text
332015026_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nia Audina. 2019. Pengembangan LKS Problem Based Learning pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di Kelas VIII SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana Strata (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (1) Dr. Refi Elfira Yuliani, S. Si., M. Pd., (II) Muslimin, M. Pd. Kata Kunci : LKS, Problem Based Learning (PBL), SPLDV. Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar berupa LKS Problem Based Learning yang valid dan praktis untuk pembelajaran materi SPLDV di SMP dan mengetahui efek potensial dari LKS yang telah dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan penelitian pengembangan (development research). Pengembangan LKS ini dilakukan mengikuti dua tahapan yaitu tahap preliminary dan tahap self evaluation yang terdiri dari tahapan expert review, one-to-one, small group, dan field test. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh LKS yang valid dan praktis. Valid terlihat dari hasil penilaian ahli (validator) bahwa LKS yang dikembangkan sudah baik, berdasarkan materi (aspek kelayakan isi, aspek kelayakan penyajian dan aspek penilaian PBL), bahasa (aspek kelayakan kebahasaan) dan media/tampilan LKS (aspek kelayakan kegrafikan meliputi ukuran LKS, desain sampul, dan desain isi LKS). Praktis terlihat dari hasil ujicoba small group dimana siswa dapat menggunakan LKS dengan mudah dan terlihat dari penilaian angket respon siswa. Efek potensial dilihat dari hasil tes belajar siswa. Hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh rata-rata akhir yaitu 80,14 yang berarti hasil belajar siswa tergolong kategori “Baik Sekali”, sehingga menunjukkan bahwa penggunaan LKS matematika siswa PBL yang dikembangkan memiliki efek potensial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Refi Elfira Yuliani, S.Si., M.Pd. 2. Muslimin, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : LKS, Problem Based Learning (PBL), SPLDV.
Subjects: Matematika > Aljabar
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 11 Mar 2020 04:26
Last Modified: 11 Mar 2020 04:26
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6699

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.