PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL KELAS VII SMP PGRI PEDAMARAN

Susi fadhilah, Nim. 332015034 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL KELAS VII SMP PGRI PEDAMARAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
332015034_BAB 1 _ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (533kB) | Preview
[img] Text
332015034_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)

Abstract

Fadhilah, Susi. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaa Linier Satu Variabel Kelas VII Smp Pgri Pedamaran. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana Strata (S1). Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Drs. Sunardi, M.Pd. (2) Agus Supriadi, S.Si., M.Si Kata kunci : problem based learning, persamaan dan pertidaksaman linier satu variabel. Faktor utama yang menyebabkan rendanya hasil belajar siswa adalah kurangnya menglibatkan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga siswa menjadi kurang aktifdalam proses pembelajaran. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problembased learning) terhadap hasil belajar siswa pada meteri persamaan dan pertidaksaman linier satu variable kelas VII SMP PGRI Pedamaran. Penelitian inipenggunakan kuantitatif. Pemilihan sampel dipilih secara random sampling (secaraacak ) dan didapat satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Prosedur yang dilakukan dalam penelitian ini dimulai pembuatan instrumen, peneliti kemudian melakuan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan hasil tes tertulis berupa soal-soal dalam bentuk uraian. Dari perhitungan hasil belajar siswa yang menggunkan model problem based learning didapat nila rata rata ̅ dengan standar deviasi , dan hasil belajar siswamenggunakan ekspoitori didapat nilai rata rata ̅ 63,82 dan standar devias , dari hasil analisis data menggunakan uji statistik diperoleh dan ini bearti berada didaerah penolakan H tolak dan H diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan bahwa “adapengarauh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materipersamaandanpertidaksaman linier satu variable kelas VII SMP PGRI Pedamaran” diterima kebenarannya. a o , artinya H

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1 Drs. Sunardi, M.PD 2 Agus Supriadi, S.Si,. M.Si
Uncontrolled Keywords: problem based learning, persamaan dan pertidaksaman linier satu variabel
Subjects: Matematika > Aljabar
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 09 Mar 2020 04:53
Last Modified: 09 Mar 2020 04:53
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6678

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.