PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI KESEIMBANGAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 13 PALEMBANG

VENTA LAILANDARI, NIM. 342014111 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI KESEIMBANGAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 13 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014111_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (741kB) | Preview
[img] Text
342014111_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (910kB)

Abstract

Kata Kunci : PBL, Hasil Belajar Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat pada abad 21 membawa dampak yang sangat signifikan, dimana proses peralihan dari abad industrialisasi ke abad pengetahuan menuntut setiap bidang dalam kehidupan berubah sangat cepat dan harus dapat beradaptasi dengan cepat, begitu pula dengan pendidikan. Proses pembelajaran diarahkan pada penciptaan suasana aktif, kritis, analisis dan kreatif dalam memecahkan suatu permasalahan. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk mengambil judul ”Pengaruh Model Pebelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Keseimbangan Lingkungan Di SMA Negeri 13 Palembang”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan Non Equivalent Control Grub Design. Sampel yang digunakan berjumlah 70 siswa yang diambil dari kelas X MIPA 3 dan X MIPA 4. Kelas X MIPA 3 menjadi kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas X MIPA 4 menjadi kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk memperoleh nilai hasil belajar. Berdasarkan hasil uji hipotesis Independent Sample t Test, hasil belajar IPA memiliki nilai signifikan sebesar 0.000 maka Ha diterima. Artinya ada perbedaan nilai posttest kelas kontrol dan posttest kelas eksperimen sesudah perlakuan. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 13 Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, (1) Dr. Sri Wardhani, M.Si (2) Ade Kartika, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: PBL, Hasil Belajar
Subjects: Biologi
Administrasi Pendidikan > Metode Mengajar dan Belajar
Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 28 Dec 2019 03:12
Last Modified: 28 Dec 2019 03:12
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6140

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.