PUTRI ILAFI, NIM. 342015058 (2019) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA KELAS X. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
342015058_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (678kB) | Preview |
|
Text
342015058_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Ilafi, Putri. 2019. Pengembangan Modul Berbasis Model Problem Based Learning untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan di SMA Kelas X. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang, Pembimbing: (1) Dr. Saleh Hidayat, M.Si., (2) Etty Nurmala Fadillah, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: modul berbasis model PBL, keterampilan berpikir kritis, perubahan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui karakteristik pengembangan produk modul berbasis model Problem Based Learning (PBL) untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan di SMA kelas X. (2) Mengetahui kelayakan modul berbasis model Problem Based Learning (PBL) untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan di SMA kelas X. (3) Mengetahui kepraktisan modul berbasis model Problem Based learning (PBL) untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan di SMA kelas X. Jenis Penelitian ini adalah Research & Development (R & D). Model pengembangan yang digunakan yaitu 4-D yang kemukakan oleh Thiagarajan yang terdiri dari define (pendefinisian), design (rancangan), depelop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Hasil penelitian ini yaitu (1) Karakteristik modul berbasis model problem based learning untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Produk modul ini dicetak dengan menggunakan kertas A4, margin kanan, kiri atas dan bawah 3 cm, format kertas portrait, tampilan cover terdapat gambar dan judul yang mewakili isi modul. (2) Kelayakan modul berdasarkan dosen ahli bahan ajar, dosen ahli materi, dosen ahli bahasa dan dosen ahli evaluasi diperoleh dengan kategori sangat layak, sedangkan dosen ahli perangkat pembelajaran diperoleh dengan kategori layak dan dua orang guru biologi skor yang diperoleh dikategorikan sangat layak. (3) Kepraktisan modul berdasarkan uji coba terbatas pada 15 orang siswa skor yang diperoleh dikategorikan sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr.Saleh Hidayat, M.Si. 2. Etty Nurmala Fadillah, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | modul berbasis model PBL, keterampilan berpikir kritis, perubahan lingkungan. |
Subjects: | Biologi Administrasi Pendidikan > Studi dan Pengajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 03:40 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 03:40 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6100 |
Actions (login required)
View Item |