PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) KOMBINASI MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELA S VIII SMP MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG

Bionita Apriza Yulanda, NIM. 342012030 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) KOMBINASI MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELA S VIII SMP MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342012030_BAB I_DAFTAR PUSTAKA(1).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
342012030_BAB II_sampai_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Problem Based Instruction (PBI) adalah pembelajaran yang menggunakan masalah nyata. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) kombinasi media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Palembang tahun ajaran 2016/2017 pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Hipotesis penelitian: Terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) kombinasi media audio visual. Metode Penelitian: Metode Eksperimen semu. Hasil penelitian ini berdasarkan hasil keaktifan siswa pada rasa ingin tahu, kategori sangat baik berjumlah 11 orang dengan persentase keaktifan 30,5%, baik 20 orang dengan persentase keaktifan 55,5%, kurang baik 5 orang dengan persentase keaktifan 13,8%. Pada ketelitian dan hati hati kategori sangat baik 21 orang dengan persentase keaktifan 58,3%, baik 14 orang dengan persentase keaktifan 38,8%, kurang aktif 1 orang dengan persentase keaktifan 2,77%. Pada sikap ketekunan dan tanggung jawab, sangat aktif 11 orang dengan persentase keaktifan 30,5%, baik 21 orang dengan persentase keaktifan 58,3% kurang baik 4 orang dengan persentase keaktifan 11,1% dan berkomunikasi sangat baik 11 orang dengan persentase keaktifan 30,5% baik 20 orang dengan persentase keaktifan 55,5% kurang baik 5 orang dengan persentase keaktifan 13,8%. Hasil perhitungan uji t diperoleh (thitung 15,588> ttabel 1,689) sehingga hipotesis diterima, dapat disimpulkan bahwa"ada peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) kombinasi media audio visual tahun ajaran 2016/2017 pada materi pertumbuhan dan perkembangan", disarankan bahwa model Problem Based Instruction (PBI) kombinasi media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah 6 Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Hj. Aseptianova, M.Pd. 2. Hendra, S. Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI), Media Audio Visual, Pertumbuhan, Perkembangan
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Irwan syah
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:07
Last Modified: 28 Feb 2019 02:33
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/607

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.