UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY (SAVI) DI KELAS VII.2 SMP NEGERI 2 MESUJI RAYA

MELIANA, NIM. 332015002 (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY (SAVI) DI KELAS VII.2 SMP NEGERI 2 MESUJI RAYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332015002_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (980kB) | Preview
[img] Text
332015002_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)

Abstract

ABSTRAK Meliana. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan dengan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) di Kelas VII.2 SMP Negeri 2 Mesuji Raya. Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana Strata Satu (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Pelembang. Pembimbing: (I) Drs. H. Syaifudin, M.Pd., (II) Luvi Antari, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: hasil belajar, operasi hitung pecahan, model pembelajaran SAVI Proses pembelajaran matematika selama ini masih mengacu pada pembelajaran konvensional yaitu belajar berpusat pada guru dan belum menerapkan metode atau model pembelajaran yang bervariasi. Sehingga siswa cenderung kurang aktif dan tertarik terhadap pelajaran yang disampaikan oleh guru. Hal ini menyebabkan kurangnya minat belajar siswa sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung pecahan dengan menggunakan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) di kelas VII.2 SMP Negeri 2 Mesuji Raya?, (2) Bagaimana respon siswa terhadap upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung pecahan dengan menggunakan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) di kelas VII.2 SMP Negeri 2 Mesuji Raya?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung pecahan dengan menggunakan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) di kelas VII.2 SMP Negeri 2 Mesuji Raya, (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung pecahan dengan menggunakan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) di kelas VII.2 SMP Negeri 2 Mesuji Raya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Subjek penelitian dilakukan pada siswa kelas VII.2 SMP Negeri 2 Mesuji Raya yang berjumlah 20 siswa pada semester ganjil 2019/2020. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data observasi, tes dan angket. Setelah dilakukan analisis data, diperoleh bahwa berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang memenuhi KKM 75 berjumlah 11 siswa dengan persentase 55,00% dan 9 siswa yang belum memenuhi KKM 75 dengan persentase 45,00%. Pada siklus II terdapat 13 siswa yang memenuhi KKM 75 dengan persentase 65,00% dan 7 siswa yang belum memenuhi KKM 75 dengan persentase 35,00%. Pada siklus III terdapat 16 siswa yang memenuhi KKM 75 dengan persentase 80,00% dan 4 siswa yang belum memenuhi KKM 75 dengan persentase 20,00% yang berarti hasil belajar pada siklus III sudah mencapai indikator keberhasilan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran SAVI pada materi operasi hitung pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.2 di SMP Negeri 2 Mesuji Raya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. H. Syaifudin, M.Pd 2. Luvi Antari, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: hasil belajar, operasi hitung pecahan, model pembelajaran SAVI
Subjects: Matematika > Ilmu Hitung
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 20 Nov 2019 04:08
Last Modified: 20 Nov 2019 04:08
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6061

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.