PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

EMILIA SARTIKA, NIM. 342015024 (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342015024_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (834kB) | Preview
[img] Text
342015024_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

kata kunci : Penelitian Pengembangan, lembar kerja peserta didik (LKPD), model Problem Based Instruction (PBI) Kurangnya bahan ajar yang disediakan serta model pembelajaran yang kurang bervariasi menyebabkan pembelajaran tidak efektif serta menjadikan peserta didik kesulitan memahami materi. Penelitian ini bertujuan (1) bagaimana karakteristik LKPD berbasis model Problem Based Instruction pada materi pencemaran lingkungan (2) bagaimana kelayakan LKPD berbasis model Problem Based Instruction pada materi pencemaran lingkungan (3) bagaimana kepraktisan LKPD berbasis model Problem Based Instruction pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian mengacu pada model pengembangan Borg and Gall sampai tahapan ketujuh yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen penguji kelayakan berupa lembar validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa, ahli praktisi, dan angket respon peserta didik. Data di peroleh kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Karakteristik bahan ajar LKPD yang dikembangkan menggunakan model Problem Based Instruction pada materi pencemaran lingkungan disusun secara sistematis, menarik, dan jelas. Siswa mampu belajar secara mandiri, LKPD yang dikembangkan tidak tergantung pada media lain dan siswa mampu berinteraksi langsung dengan lingkungan. Berdasarkan ujicoba kelayakan LKPD berada pada kategori “Sangat layak” . Ahli materi dengan nilainya X ≥ 33 kategori sangat layak, ahli media X ≥ 45 kategori sangat layak, ahli bahasa X ≥ 18 kategori sangat layak, ahli praktisi X ≥ 42 kategori sangat layak dan respon peserta didik X ≥ 33 kategori sangat layak. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kategori sangat layak sehingga layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, (I) Drs. Nizkon, M.Si. (II) Sulton Nawawi, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, lembar kerja peserta didik (LKPD), model Problem Based Instruction (PBI)
Subjects: Biologi
Administrasi Pendidikan > Metode Mengajar dan Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 22 Oct 2019 06:11
Last Modified: 22 Oct 2019 06:11
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5830

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.