INDAH MEYLA SARI, NIM. 342015038 (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X DI SMA NEGERI 2 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
342015038_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (809kB) | Preview |
|
Text
342015038_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Kata kunci: lembar kerja peserta didik, predict observe explain, pencemaran lingkungan. Bahan ajar berupa LKPD merupakan lembaran–lembaran yang berisi materi, ringkasan, dan tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui 1) Karakteristik Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis POE (Predict Observe Explain) pada materi pencemaran lingkungan kelas X di SMA Negeri 2 Palembang, 2) Kelayakan LKPD berbasis POE pada materi pencemaran lingkungan kelas X di SMA Negeri 2 Palembang yang telah dikembangkan, 3) Kepraktisan LKPD berbasis POE pada materi pencemaran lingkungan kelas X di SMA Negeri 2 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, Model pengembangan yang digunakan adalah model Tessmer yang terdiri dari 2 tahap yaitu tahap preliminary dan tahap formative evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar kuesioner, lembar validasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) LKPD berbasis POE yang dikembangkan dicetak dengan kertas ISO HVS ukuran A4 80 gr (210 x 297 mm), terdiri dari komponen-komponen yaitu sampul depan, halaman sampul, halaman identitas, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, petunjuk penggunaan LKPD, Kompetensi Dasar (KD), Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), tujuan pembelajaram, landasan teori, langkah kegiatan, soal-soal dan daftar pustaka. LKPD berbasis POE memiliki tahapan dengan mengikuti langkah-langkah model pembelajaran POE yang terdiri dari predict, observase, dan explain, 2) Validasi dilakukan dosen ahli materi, ahli bahasa, & praktisi dengan kategori sangat layak, sedangkan ahli bahan ajar dengan kategori layak. 3) Uji coba kepraktisan tahap one-to-one dengan kategori sangat praktis dan uji coba pada tahap small group dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan penelitian yaitu bahan ajar berupa LKPD praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing, (I) Drs. Nizkon, M.Si., (II) Hendra, S.Pd., M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | lembar kerja peserta didik, predict observe explain, pencemaran lingkungan. |
Subjects: | Biologi Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 08 Oct 2019 06:21 |
Last Modified: | 08 Oct 2019 06:21 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5660 |
Actions (login required)
View Item |