KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII DALAM MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI TEKS PERSUASIF SMP NEGERI 6 PALEMBANG

CINDY WULANDARI, NIM. 312015029 (2019) KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII DALAM MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI TEKS PERSUASIF SMP NEGERI 6 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312015029_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text
312015029_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)

Abstract

Kata kunci: teks persuasif,teks wawancara Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang kreatifnya siswa dalam menulis teks persuasif. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian yaitu; Bagaimanakah siswa mengubah teks wawancara menjadi teks persuasif di SMP Negeri 6 Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan siswa mengubah teks wawancara menjadi teks persuasif di SMP Negeri 6 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Data yang dikumpulkan melalui tes, angket, dan wawancara. Subjek yang digunakan peneliti adalah siswa kelas VIII. 9 SMP Negeri 6 Palembang yang berjumlah 33 orang. Penelitian dilakukan satu kali, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil nilai rata-rata 61. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII mampu mengubah teks wawancara menjadi teks persuasif. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan oleh peneliti bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palembang mampu mengubah teks wawancara menjadi teks persuasif terbukti kebenarannya dengan perolehan nilai rata-rata 61. Selanjutnya, peneliti menyarankan umum kepada siswa kepada siswa perlu meningkatkan pemahaman dan mengetahuan serta mengembangan minat terhadap materi menulisteks persuasif sehingga siswa memiliki pengetahuan terhadap materi tersebut. Guru Bahasa Indonesia dapat memberikan motivasi kepada siswa agar lebih mampu mengembangkan daya imajinasi dan kreativitasnya dalam menulis teks yang baik, khususnya menulis teks persuasif. Sekolah, waktu yang digunakan belajar harus lebih banyak lagi khususnya untuk mempelajari menulis teks persuasif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, (1) Supriatini, S.Pd., M.Pd. (2) Drs. H. Refson, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: teks persuasif,teks wawancara
Subjects: Bahasa Indonesia > Tata bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 12 Sep 2019 02:58
Last Modified: 12 Sep 2019 02:58
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5000

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.