KEEFEKTIFAN METODE DEBAT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI DI SMA NEGERI 21 PALEMBANG

AFRA SEPTIANA, NIM. 312015069 (2019) KEEFEKTIFAN METODE DEBAT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI DI SMA NEGERI 21 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312015069_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text
312015069_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)

Abstract

Kata kunci: Keefektifan, metode debat, menulis, argumentasi. Latar belakang dalam penelitian ini adalah kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa tulis secara efektif dan baik. Masalah dalam penelitian ini adalah efektifkah metode debat terhadap pembelajaran menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 21 Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan keefektifan metode debat terhadap pembelajaran menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 21 Palembang. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 339 siswa dari seluruh kelas X SMA Negeri 21 Palembang dan sampel penelitian sebanyak 71 siswa, dari kelas X IPS 2 sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 7 sebanyak 35 siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan wawancara. Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 80,39 dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 76,22. Hasil dari penelitian dan pembahasan diperoleh simpulan yaitu keefektifan metode debat dalam pembelajaran menulis argumentasi di SMA Negeri 21 Palembang signifikan karena terbukti bahwa “thitung“ lebih besar daripada “ttabel” pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil tes siswa setelah membandingkan hasil tes kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh “thitung“ > “ttabel”, yaitu 2,10 > 1,66 pada taraf signifikan 5% dengan DK 69 dan adanya perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jadi, hipotesis yang dikemukakan yaitu “Metode debat efektif dalam pembelajaran menulis argumentasi di SMA Negeri 21 Palembang” terbukti kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: (I) Dra. Mulyati,M.Pd., (II) Dr. H. Haryadi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, metode debat, menulis, argumentasi.
Subjects: Bahasa Indonesia > Sistem-sistem Tulisan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 12 Sep 2019 01:42
Last Modified: 12 Sep 2019 01:42
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4996

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.