KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBACA SKIMMING UNTUK MENENTUKAN IDE POKOK PADA TEKS BERITA SISWA SMP NEGERI 13 PALEMBANG

FEBRY RAHMA DANTI, NIM. 312015054 (2019) KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBACA SKIMMING UNTUK MENENTUKAN IDE POKOK PADA TEKS BERITA SISWA SMP NEGERI 13 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312015054_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
312015054_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

kata kunci : keefektifan, strategi, membaca skimming, ide pokok, teks berita. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam menentukan ide pokok teks berita. Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah Strategi pembelajaran membaca skimming efektif dalam menentukan ide pokok teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi pembelajaran membaca Skimming untuk menentukan ide pokok dalam teks berita pada siswa SMP Negeri 13 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik yang digunakan adalah tes, angket, dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang yang berjumlah 165 siswa yang terdiri dari 5 kelas. Sampel pada penelitian ini berjumlah 68 siswa dengan rincian 34 siswa kelas VII.1 (kelas eksperimen) dan 34 siswa kelas VIII.2 (kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik membaca skimming efektif dalam menentukan ide pokok teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang, karena berdasarkan hasil nilai rata-rata tes akhir (post-test) kelas yang menggunakan teknik membaca skimming (kelas eksperimen) dengan nilai rata-rata 75,05, dan tes akhir (post-test) kelas yang menggunakan teknik konvensional (kelas kontrol) nilai rata-ratanya 62,56, jika dilihat berdasarkan KKM dengan nilai 65, nilai rata-rata kelas ekperimen melampaui nilai KKM yang ditentukan tersebut. Setelah diketahui dari uji t diperoleh bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,735 > 1,668 pada taraf signifikan 5% dengan D.K 66. Hal ini membuktikan bahwa, hipotesis yang dikemukakan yaitu, “strategi membaca skimming efektif dalam menentukan ide pokok teks berita pada siswa kelas VIII siswa SMP Negeri 13 Palembang” terbukti kebenerannya. Oleh karena itu, hipotesis diterima. Saran peneliti siswa hendaknya lebih berperan aktif dan kreatif selama proses belajar mengajar berlangsung. Serta dapat mengembangkan bakat dan minatnya dengan baik. Peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengkaji lebih banyak sumber dan referensi yang terkait dengan menentukan ide pokok pada teks berita agar hasil penelitiannya dapat lebih baik dan lebih lengkap lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: (1) Dr. Gunawan Ismail, M.Pd. (II) Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi, membaca skimming, ide pokok, teks berita.
Subjects: Bahasa Indonesia > Membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 11 Sep 2019 04:07
Last Modified: 11 Sep 2019 04:07
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4947

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.