PENGARUH MODEL PAKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA YWKA PALEMBANG MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

TRI DESI NOVENSI, NIM. 342014034 (2019) PENGARUH MODEL PAKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA YWKA PALEMBANG MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014034_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
342014034_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)

Abstract

Kata Kunci: Model PAKEM, Hasil Belajar, Keanekaragaman Hayati Latar belakang dari penelitian ini karena nilai hasil belajar masih rendah pada materi keanekaragaman hayati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA YWKA Palembang Materi Keanekaragaman Hayati. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dan desain penelitiannya adalah Non Equivalent Control Group Design. Populasi seluruh kelas X IPA di SMA YWKA Palembang, Sampel penelitian adalah X IPA 2 dan X IPA 3 di SMA YWKA Palembang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Berdasarkan hasil uji t data berpasangan (Paired Sample T-Test) pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa nilai (Asymp. Sig 2-tailed = 0,000) ˂ α (0,05) maka Ho ditolak. Sedangkan pada kelas kontrol menunjukkan bahwa nilai (sig 2-tailed = 0,000) ˂ α (0,05) maka Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PAKEM terhadap hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol di SMA YWKA Palembang. Berdasarkan uji t data tidak berpasangan (Independent Sample T-Test) antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai Asymp. Sig 2-tailed ˂ α (0,05) yaitu dengan signifikansi 0,000 ˂ α (0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan terhadap hasil belajar peserta didik dengan model PAKEM dan model pembelajaran konvensional. Selain itu hasil perhitungan antara nilai sikap dan keterampilan menunjukkan bahwa kelas eksperimen mendapatkan nilai lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar pada nilai sikap dan keterampilan menggunakan model PAKEM dan model konvensional di SMA YWKA Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing (I) Dr. Sri Wardani, M.Si (II) Ade Kartika S,Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Model PAKEM, Hasil Belajar, Keanekaragaman Hayati
Subjects: Biologi
Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:25
Last Modified: 11 Sep 2019 02:25
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4939

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.