TRIANITA APRILIA NINGRUM, NIM. 322015001 (2019) PENGARUH PRASARANA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
322015001_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (880kB) | Preview |
|
Text
322015001_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) |
Abstract
ABSTRAK Ningrum, Aprilia Trianita 2019. Pengaruh Prasarana Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Palembang. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Rosmini Djohari, M.M. (II) Drs. H. M. Zalili Aziz, M.Pd, Kata Kunci: Prasarana, Motivasi Belajar Latar belakang dalam peneliti ini adalah berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti, masalah motivasi belajar yang dialami siswa adalah hasrat dan keinginan untuk melakukan kegiata dan dorongan melakukan kegiatan. Masalah lain yang ditemukan adalah hasrat siswa untuk lebih banyak membaca buku masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh prasarana terhadap motivasi belajar siswa di sekolah menengah kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 palembang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh prasarana terhadap motivasi belajar siswa di sekolah menengah kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan akutansi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Palembang yang berjumlah 200 siswa. Sampel penelitian diambil sebanyak 25% dari jumlah populasi dengan teknik random sampling sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 50 siswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. berdasarkan hasil analisis data bahwa total skor angket variable X (prasarana) adalah 3629, sedangkan total skor untuk angket variable Y (motivasi belajar siswa) adalah 3572. Selain itu, hasil analisis data juga menunjukkan nilai sebesar 7,380 dan nilai sebesar 0,2732, maka > atau 7,380 > 0,2732. kesimpulannya adalah Ada pengaruh prasarana terhadap motivasi belajar siswa di sekolah menengah kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 palembang. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat dijelaskan bahwa semakin baik prasarana sekolah maka akan meningkatkan motivasi belajar siswa. Begitu juga sebaliknya, apabila prasarana sekolah tidak baik, maka akan menurunkan motivasi belajar siswa. Saran: Bagi sekolah mengusahakan prasarana yang lengkap agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Bagi siswa dapat meningkatkan motivasinya dalam belajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing, (I) Dra. Hj. Rosmini Djohari, M.M. (II) Drs. H. M. Zalili Aziz, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Prasarana, Motivasi Belajar |
Subjects: | Administrasi Pendidikan > Gedung dan Peralatan Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 10 Sep 2019 06:13 |
Last Modified: | 10 Sep 2019 06:13 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4926 |
Actions (login required)
View Item |