PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI OTKP SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 PALEMBANG

DESI RATNASARI, NIM. 322015002 (2019) PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI OTKP SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
322015002_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (523kB) | Preview
[img] Text
302015002_BAB II_SAMPAI_BAB AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)

Abstract

ABSRAK Kata kunci : Student Facilitator and Explaining dan Hasil Belajar Berdasarkan Pengamatan yang telah dilakukan masih ada beberapa siswa yang hasil belajarnya rendah, apakah ini disebabkan oleh cara mengajar guru ? maka dilakukan penelitian dengan judul : Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI OTKP Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI OTKP Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Palembang ?.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah Model Student Facilitator and Explaining dapat Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI OTKP Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Eksperimen dengan dua kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Palembang yang berjumlah 160 siswa. Sampel yang digunakan ada kelas XI OTKP4 sebagai Kelas Eksperimen dan kelas XI OTKP3 sebagai Kelas Kontrol. Teknik penelitian ini dengan melakukan wawancara, tes dan dokumentasi serta memberikan soal latihan kepada kelas Eksperimen dan kelas Kontrol sebanyak 5 butir soal. Untuk mendapatkan kesimpulan maka data berupa nilai tes dianalisis dan dalam hal ini peneliti menggunakan Statistik Interferensial uji t, uji normalitas dan uji hipotesis, dari perhitungan Hasil Belajar diperoleh ̅ 1 85 Sedangkan dengan menggunakan model konvensional diperoleh ̅ 2 65, artinya Ha di terima dan HO ditolak. Jadi, dari pengujian hipotesis tersebut menyatakan ada pengaruh Model Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan terhadap Hasil Belajar siswa Kelas XI OTKP Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Palembang diterima kebenarannya. Disarankan agar kepala sekolah lebih meningkatkan pembinaannya mengenai cara mengajar guru di sekolah diharapkan menggunakan model pelajaran yang baru yaitu Model Student Facilitator and Explaining agar hasil belajar siswa meningkat karna yang dituntun aktif disini siswa bukan guru yang mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, (1) Dr. Herman Seri M.Pd, (2) Samsilyurni S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Student Facilitator and Explaining dan Hasil Belajar
Subjects: Administrasi Pendidikan > Disiplin Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 10 Sep 2019 03:34
Last Modified: 10 Sep 2019 03:34
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4911

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.