Pengaruh Penerapan Metode Ekspositori Berbasis Kuis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pola Bilangan Di Kelas VIII SMP

RESA PUTRI ASHARI, NIM. 332015012 (2019) Pengaruh Penerapan Metode Ekspositori Berbasis Kuis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pola Bilangan Di Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332015012_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (589kB) | Preview
[img] Text
332015012_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB)

Abstract

Ashari, Resa Putri. 2019. Pengaruh Penerapan Metode Ekspositori Berbasis Kuis Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pola Bilangan Di Kelas VIII SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I). Drs. Sunardi, M.Pd., Pembimbing (II). Amrina Rizta, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: pengaruh, metode ekspositori berbasis kuis, hasil belajar, pola bilangan. Faktor utama yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa adalah kegagalan komunikasi karena materi pelajaran yang disampaikan guru tidak dapat diterima oleh peserta didik dengan optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pengaruh penerapan metode ekspositori berbasis kuis terhadap hasil belajar matematika siswa materi pola bilangan di kelas VIII SMP?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode ekspositori berbasis kuis terhadap hasil belajar matematika siswa materi pola bilangan di kelas VIII SMP. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Air Salek dengan populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII tahun ajaran 2019/2020 yang terbagi menjadi tiga kelas. Kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol yang di tentukan dengan teknik simple random sampling dengan cara melakukan pengundian yang didampingi oleh guru mata pelajaran. Dari hasil perhitungan diperoleh hasil belajar matematika siswa yang menerapkan metode ekspositori berbasis kuis di kelas VIII.2 yang berjumlah 34 siswa mendapat nilai rata-rata O ̅_1 = 73,29 dan simpangan baku s_1=18,98. Sedangkan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan metode ekspositori tanpa kuis di kelas VIII.3 SMP Negeri 2 Air Salek yang berjumlah 34 siswa mendapat nilai rata-rata O ̅_2 = 73 dan simpangan baku adalah s_2=13,50. Berdasarkan analisis hasil perhitungan uji t untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan maka diperoleh harga t_hitung=0,074 dan t_tabel=1,996 dengan dk=66 dan taraf signifikan α=0,05 ini berarti t_hitung berada dalam daerah penerimaan H_o, yang artinya H_o diterima. Dengan hipotesis H_o yang menyatakan “tidak ada pengaruh yang signifikan penerapan metode ekspositori berbasis kuis terhadap hasil belajar matematika siswa materi pola bilangan di kelas VIII SMP Negeri 2 Air Salek”, diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Sunardi, M.Pd. 2. Amrina Rizta, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengaruh, metode ekspositori berbasis kuis, hasil belajar, pola bilangan
Subjects: Peer Review
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 07 Sep 2019 06:14
Last Modified: 07 Sep 2019 06:14
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4813

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.