PENGARUH METODE LISTENING TEAM TERHADAP KEMAMPUAN MEMRODUKSI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP ISLAM TERPADU ISHLAHUL UMMAH PRABUMULIH

DESSI, NIM. 312015042 (2019) PENGARUH METODE LISTENING TEAM TERHADAP KEMAMPUAN MEMRODUKSI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP ISLAM TERPADU ISHLAHUL UMMAH PRABUMULIH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312015042_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text
312015042_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang sering menghadapi kesulitan dalam menulis teks eksplanasi. Peneliti memerlukan metode pembelajaran listening team dalam belajar untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh metodelistening team terhadap kemampuan memroduksi teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Ishlahul Ummah Prabumulih? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode listening team terhadap kemampuan memroduksi teks eksplanasi, khusunya dalam bentuk tulis siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Ishlahul Ummah Prabumulih. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang menggunakan rancangan kelompok eksperimen dan kelompok Kontrol pretest dan posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Ishlahul Ummah Prabumulih yang berjumlah 45 siswa. Peneliti menentukan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Experiment true experimental. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Mesir sebanyak 24 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.Kuwait sebanyak 21 siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis data tes dan wawancara. Berdasarkan hasil deskripsi penelitian, diperoleh simpulan bahwa pengaruh metode listening teamt erhadap kemampuan memroduksi teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Ishlahul Ummah Prabumulih tergolong signifikan, karena terbukti lebih besar daripada pada taraf signifikan 5% dengan DK (Derajat kebebasan) 7,56 1,68. Hipotesis yang dikemukakan, yaitu pengaruh metode listening team terhadap kemampuan memroduksi teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Ishlahul Ummah Prabumulih terbukti kebenarannya. Penulis menyarankan agar siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Ishlahul Ummah Prabumulih lebih giat dan bersungguh-sungguh belajar menulis teks eksplanasi agar mendapatkan hasil yang lebih baik dan guru Bahasa Indonesia harus kreatif dalam memilih metode pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. Danto, M.Pd. 2. Dra. Hj. Listini, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: metode, listening team, teks eksplanasi
Subjects: Bahasa Indonesia > Sistem-sistem Tulisan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 07 Sep 2019 04:47
Last Modified: 07 Sep 2019 04:47
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4794

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.