UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DI KELAS VII.1 SMP NEGERI 1 BANYUASIN II

DEVI ANDRI ANI, NIM. 332015036 (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DI KELAS VII.1 SMP NEGERI 1 BANYUASIN II. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332015036_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (580kB) | Preview
[img] Text
332015036_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)

Abstract

Ani, Devi Andri. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Model Missouri Mathematics Project (MMP) di Kelas VII.1 SMP Negeri 1 Banyuasin II. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (1) Drs. H. Muslimin Tendri, M.Pd (2) Rieno Septra Nery, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: hasil belajar, operasi hitung bilangan bulat, model Missouri Mathematics Project (MMP). Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti dengan guru matematika kelas VII.1 SMP Negeri 1 Banyuasin II, menemukan permasalahan yaitu siswa kurang terampil dalam penyelesaian soal sehingga hasil belajar siswa rendah. Penyebabnya yaitu pembelajaran guru tidak mendorong siswa untuk terampil dalam penyelesaian soal . Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa memerlukan model pembelajaran yang sesuai dengan masalah yang dialami disekolah, sehingga peneliti tertarik untuk menggunakan model Missouri Mathematics Project (MMP). Model Missouri Mathematics Project (MMP) sesuai digunakan untuk pembelajaran matematika karena melalui model pembelajaran ini peserta didik lebih banyak menerima penjelasan materi dan terampil dalam mengerjakan berbagai soal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang di laksanakan sebanyak 3 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari pelaksanaan, perencanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data yang diperlukan yaitu observasi, tes dan angket. Sehingga diperoleh kesimpulan: (1) Peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model Missouri Mathematics Project (MMP) dapat dilihat dari hasil penelitian pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat yaitu dari 33 siswa yang mengikuti tes siklus I terdapat 17 siswa atau 51,51% siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan yang telah ditentukan, selanjutnya pada materi perkalian bilangan bulat yaitu 33 siswa yang mengikuti tes siklus II terdapat 22 siswa atau 66,67% siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan yang telah ditentukan dan pada mteri pembagian bilangan bulat terdiri dari 33 siswa yang mengikuti tes siklus III terdapat 26 siswa atau 78,79% siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan yang telah ditentukan, dapat dilihat dari hasil tes setiap siklus mengalami peningkatan. (2) Berdasarkan hasil lembar angket respon siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan model Missouri Mathematics Project (MMP) sangat positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa belajar dengan menggunakan model Missouri Mathematics Project (MMP) pada materi opersi hitung bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Banyuasin II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. H. Muslimin Tendri, M.Pd 2. Rieno Septra Nery, S.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, operasi hitung bilangan bulat, model Missouri Mathematics Project (MMP).
Subjects: Matematika > Aljabar
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 07 Sep 2019 02:30
Last Modified: 07 Sep 2019 02:30
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4770

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.