PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY (SAVI) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BERITA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG

ALFIATUL KHASANAH, NIM. 312015028 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY (SAVI) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BERITA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312015028_BAB I_DAFTAR PUSTAKA,.pdf

Download (456kB) | Preview
[img] Text
312015028_BAB II_ SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)

Abstract

kata kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI), Menulis Berita. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang sering menghadapi masalah dalam menulis berita. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) untuk mengetahui pengaruh keterampilan menulis berita. Masalah dalam penelitian ini bagaimana pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran SAVI terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Palembang. Metode yang digunakan adalah eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa hasil tes akhir di kelas eksperimen 80% (tuntas) membuktikan bahwa model pembelajaran SAVI berpengaruh dalam pembelajaran menulis berita. Berdasarkan perbandingan mean dan perhitungan uji t yang menunjukkan bahwa yaitu 1,67 dengan Dk 60 pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) berpengaruh untuk meningkatkan pembelajaran menulis berita. Hal ini terbukti dari hasil hipotesisnya diperoleh bahwa atau 6,58 1,67 pada taraf signifikan 5% dengan Dk 60, maka hipotesis nihil (Hₒ) ditolak dan hipotesis alternatif (Hₐ) diterima. Adapun saran dalam penelitian ini agar guru dapat melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran SAVI, dimana model ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya materi berita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: (I) Drs. H.Mustofa, M.Pd., (II) Drs. Danto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization,
Subjects: Bahasa Indonesia > Sistem Penulisan dan Fonologi Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:02
Last Modified: 09 Sep 2019 02:02
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4753

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.