PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN DI SMP NEGERI 35 PALEMBANG

AGUSTINA, NIM. 332015005 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN DI SMP NEGERI 35 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332015005_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (646kB) | Preview
[img] Text
332015005_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)

Abstract

Kata Kunci: Pengaruh, model pembelajaran creative problem solving, hasil belajar matematika, materi Pola Bilangan. Permasalahan yang dihadapi kebanyakan siswa adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa dalam pemecahan masalah. Hal ini disebabkan karena belum semua guru mampu memilih metode pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran pada sub materi pola bilangan. Sehingga permasalahan yang ada tidak dapat terselesaikan dengan baik. Dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving bisa menjadi salah satu alternatif pemecahan masalah yang ditawarkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada sub materi pola bilangan. Masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah ada pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar matematika materi pola bilangan di SMP Negeri 35 Palembang?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar matematika siswa dengan melihat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Creative Problem Solving dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan Creative Problem Solving pada sub materi pola bilangan siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Palembang tahun ajaran 2019/2020 yang sampelnya dipilih dengan teknik Sample random Sampling, dimana sampel yang diambil tidak berdasarkan peringkat. Pengambilan sampel tersebut dilakukan melalui pengundian yaitu kelas VIII7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII8 sebagai kelas kontrol. Dari hasil analisis data menggunakan statistik uji t diperoleh thitung = 7,239, untuk α = 5% dan dk = 74 diperoleh ttabel = 1,672 ini berarti thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, jadi hipotesis dalam penelitian ini yang menyatakan bahwa “ada pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar matematika materi pola bilangan di SMP Negeri 35 Palembang”. Diterima kebenarannya. Sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar matematika materi pola bilangan di SMP Negeri 35 Palembang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: (1) Dr. H. A. Hussein Fattah, M.M. (II) Nyimas Inda K,S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, model pembelajaran creative problem solving, hasil belajar matematika, materi Pola Bilangan.
Subjects: Matematika > Ilmu Hitung
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:03
Last Modified: 09 Sep 2019 02:03
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4752

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.