PENGARUH METODE SYNERGETIC TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASI OBSERVASI PESERTA DIDIK SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

ROFI’UL FADHILAH, NIM. 312015007 (2019) PENGARUH METODE SYNERGETIC TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASI OBSERVASI PESERTA DIDIK SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312015007_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (718kB) | Preview
[img] Text
312015007_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)

Abstract

Kata kunci: pengaruh, metode synergetic teaching, teks laporan hasil observasi Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan peserta didik dalam menulis teks laporan hasil observasi belum memuaskan. Hal ini dikarenakan kurangnya minat dan perhatian peserta didik kepada materi pembelajaran dan kurang aktifnya peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Peneliti menggunakan metode synergetic teaching terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan pengaruh metode synergetic teaching terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni penelitian yang termasuk kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Muhammadiyah 1 berjumlah 234 orang (108 laki-laki dan 126 perempuan). Sampel dipilih menggunakan Cluster Random Sampling, yang menjadi sampel, yaitu kelas X IPA 1 (kelas kontrol) dan X IPA 3 (kelas eksperimen) sebanyak 68 peserta didik. Data penelitian ini diperoleh melalui teknik tes, angket, dan wawancara terhadap guru Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang.. Berdasarkan hasil deskripsi penelitian, diperoleh simpulan bahwa metode synergetic teaching terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Palembang tergolong signifikan, karena terbukti lebih besar dari pada pada taraf signifikan 5% dengan DK 68, yaitu 4,66 ≥ 1,66. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan, yaitu “pengaruh metode synergetic teaching terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Palembang” berpengaruh dari pada metode konvensional dan terbukti kebenarannya. Penulis menyarankan peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang hendaknya lebih giat lagi belajar dan lebih berperan aktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: (I) Drs. Refson, M.Pd. (II) Drs. Danto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengaruh, metode synergetic teaching, teks laporan hasil observasi
Subjects: Administrasi Pendidikan > Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 05 Sep 2019 06:36
Last Modified: 05 Sep 2019 06:36
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4745

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.