PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 PALEMBANG

DEVI APRIANA, NIM. 312015001 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312015001_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
312015001_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (865kB)

Abstract

kata kunci: pengaruh, model cooperative integrated reading and composition menulis, teks laporan hasil observasi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang sering menghadapi kesulitan dalam menulis teks laporan hasil observasi. Peneliti memerlukan model pembelajaran dalam belajar untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh model CIRC terhadap hasil belajar menulis teks laporan hasil observasi siswa SMK Muhammadiyah 3 Palembang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap hasil belajar menulis teks laporan hasil observasi siswa SMK Muhammadiyah 3 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental design. Hipotesis penelitian ini, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran CIRC terhadap hasil belajar menulis teks laporan hasil observasi siswa SMK Muhammadiyah 3 Palembang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Palembang yang berjumlah 156 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil tes akhir di kelas eksperimen bahwa siswa mampu menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model pembelajaran CIRC melalui perbandingan nilai rata-rata dan perhitungan uji yang menunjukkan bahwa lebih besar dari pada pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran CIRC berpengaruh terhadap hasil belajar menulis teks laporan hasil observasi siswa SMK Muhammadiyah 3 Palembang karena terbukti lebih besar dari pada pada taraf signifikan 5% dengan dk 56 atau 7,65 1,67. Penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam kegiatan pembelajaran, terutama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya keterampilan menulis teks laporan hasil observasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: (I) Drs. H. Mustofa, M.Pd. (II) Dr. H. Haryadi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengaruh, model cooperative integrated reading and
Subjects: Administrasi Pendidikan > Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 05 Sep 2019 06:38
Last Modified: 05 Sep 2019 06:38
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4744

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.