ASIH PRIYANTI, NIM. 312015020 (2019) KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI MEDIA VIDEO STAND-UP COMEDY TERHADAP SISWA SMA NEGERI I MUARA SUGIHAN BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
312015020_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (420kB) | Preview |
|
Text
312015020_BAB II_SAMPAI_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
Abstract
ABSTRAK Priyanti, Asih. 2019. “Kemampuan Menulis Teks Anekdot Melalui Media Video Stand- Up Comedy terhadap Siswa SMA Negeri 1 Muara Sugihan Banyuasin”, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (SI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang, Pembimbing: (1) Dra Ismaiyati, M.Pd. (II) Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd. kata kunci: teks anekdot, stand-up comedy Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menulis para siswa yang masih rendah, khususnya dalam menulis teks anekdot. Maka diperlukan media video standup comedy. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini bagaimana kemampuan siswa menulis teks anekdot melalui media video stand-up comedy di SMA Negeri 1 Muara Sugihan Banyuasin? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan menulis teks anekdot melalui media video stand-up comedy terhadap siswa SMA Negeri 1 Muara Sugihan Banyuasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Data yang dikumpulkan yaitu melalui tes, angket, dan wawancara. Subjek yang digunakan peneliti adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri I Muara Sugihan Banyuasin yang berjumlah 33 orang. Penelitian dilakukan satu kali. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X mampu menulis teks anekdot melalui media stand-up comedy. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan oleh peneliti bahwa siswa kelas X SMA Negeri 1 Muara Sugihan Banyuasin mampu menulis teks anekdot melalui media video stand-up comedy, terbukti kebenaranya dengan memperoleh nilai rata-rata 75. Selanjutnya, peneliti menyarankan kepada para siswa supaya lebih banyak berlatih untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, serta mengembangkan minat serta kreativitas terhadap materi menulis teks anekdot. Sehingga para siswa memiliki pengetahuan yang cukup terhadap materi tersebut. Guru Bahasa Indonesia dapat memberikan motivasi kepada para siswa agar siswa lebih meningkatkan dalam mengembangkan daya imajinasi serta kreativitasnya dalam menulis teks dengan baik, khususnya menulis teks anekdot. Sekolah, media pembelajaran yang digunakan harus lengkap supaya lebih menarik siswa untuk belajar khususnya untuk mempelajari cara menulis teks anekdot. vi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: (1) Dra Ismaiyati,M.Pd. (II) Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | teks anekdot, stand-up comedy |
Subjects: | Bahasa Indonesia > Sistem Penulisan dan Fonologi Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 06:30 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 06:30 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4740 |
Actions (login required)
View Item |