PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA YWKA PALEMBANG

FIDDANIYAH ANGGRAINI, NIM. 342014134 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA YWKA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014134_BAB I_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (543kB) | Preview
[img] Text
342014134_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)

Abstract

Kata kunci: Model Pembelajaran Probing-Prompting, Hasil Belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Probing-Prompting terhadap hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan keanekaragaman hayati di kelas X SMA YWKA Palembang, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar meliputi ranah pengetahuan, ranah sikap, dan ranah keterampilan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Probing-Prompting dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dan desain penelitiannya adalah Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian adalah kelas X IPA 1 dan X IPA 2 di SMA YWKA Palembang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Berdasarkan hasil uji t data berpasangan (Paired Sample T-Test) pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa nilai (sig 2-tailed = 0,000) < ½ α (0,025), maka Ho ditolak. Sedangkan pada kelas kontrol menunjukkan bahwa artinya nilai sig (2-tailed = 0,000) < ½ α (0,025) maka H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Probing-Prompting terhadap hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol di SMA YWKA Palembang. Berdasarkan uji t data tidak berpasangan (Independent Sample T-Test) antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai sig 2-tailed < ½ α (0,025), yaitu dengan signifikansi 0,000 < ½ α (0,025). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan terhadap hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran Probing-Prompting dan model pembelajaran konvensional (Pembelajaran Langsung). Selain itu, pada hasil perhitungan antara nilai sikap dan nilai keterampilan menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,020 < ½ α (0,025), maka H0 ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan terhadap hasil belajar peserta didik pada nilai sikap dan nilai keterampilan menggunakan model pembelajaran Probing-Prompting dan model pembelajaran konvensional (Pembelajaran Langsung) di SMA YWKA Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dra. Hj. Kholillah, M.M. 2. Etty Nurmala Fadillah, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Probing-Prompting, Hasil Belajar.
Subjects: Biologi
Administrasi Pendidikan > Metode Mengajar dan Belajar
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 24 Jul 2019 06:44
Last Modified: 24 Jul 2019 06:44
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4645

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.