ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SMA MUHAMMADIYAH KOTA PALEMBANG

MILASI, NIM. 342014068 (2019) ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SMA MUHAMMADIYAH KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014068_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
342014068_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)

Abstract

ABSTRAK Milasi. 2019. Analisis Proses Pembelajaran Biologi Berbasis Kurikulum 2013 di SMA Muhammadiyah Kota Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Strata 1 (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Yetty Hastiana, M.Si (II) Dr. Sri Wardhani, M.Si. Kata Kunci: proses pembelajaran, kurikulum 2013 Proses pembelajaran biologi berbasis Kurikulum 2013 merupakan salah satu aspek dalam standar proses pembelajaran yang menjadi acuan bagi guru dan peserta didik. Perubahan kurikulum dalam proses pembelajaran biologi tentu adanya kendala yang dihadapi oleh sekolah. Salah satu kendala yang dihadapi sekolah yaitu terkait pengelolaan kelas, pendekatan pembelajaran, serta metode dan model pembelajaran. Berdasarkan kendala tersebut maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses pembelajaran biologi berbasis kurikulum 2013 di SMA Muhammadiyah Kota Palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari instrumen penelitian dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan proses pembelajaran biologi berbasis kurikulum 2013 di SMA Muhamadiyah Kota Palembang terlaksana dengan kategori baik dan sangat baik. Katerogi baik didapatkan pada indikator kegiatan inti dan kategori sangat baik didapatkan pada indikator pengelolaan kelas, kegiatan pendahuluan, dan kegiatan penutup. Berdasarkan hasil observasi beberapa hambatan yang dihadapi oleh guru dan siswa pada saat pelaksanan proses pembelajaran terutama pada kegiatan inti, guru sepenuhnya belum menggunakan model dan metode pembelajaran berbasis kurikulum 2013, pendekatan saintifik yang hanya dilaksanakan pada ranah pengetahuan dan pemahaman, serta sumber belajar yang digunakan masih terbatas pada buku cetak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Yetty hastiana., M.Si. 2. Dr. sri wardhan., M.Si.
Uncontrolled Keywords: proses pembelajaran, kurikulum 2013
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 23 Jul 2019 03:33
Last Modified: 23 Jul 2019 03:33
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4640

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.