PENERAPAN PENDEKATAN VAK (VISUAL AUDITORY KINESTHETIC) BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 12 PALEMBANG

NYAYU MARHAMAH, NIM. 342014100 (2019) PENERAPAN PENDEKATAN VAK (VISUAL AUDITORY KINESTHETIC) BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 12 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014100_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text
342014100_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)

Abstract

Proses pembelajaran yang terjadi menuntut peserta didik memiliki potensi sebagai peluang untuk menempatkannya pada kehidupan yang semakin kompetitif, salah satunya melalui penguasaan ilmu pengetahuan sehingga menciptakan proses belajar yang aktif, kritis, analisis, inovatif dan kreatif. (1) Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa melalui penerapan pendekatan VAK (Visual Auditory Kinesthtetic) berbasis lingkungan kelas X di SMA Negeri 12 Palembang. (2) Rancangan penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental dengan desain one group pretest-posttest design. (3) Populasi pada penelitian adalah seluruh kelas X yang berjumlah 3 kelas dengan 105 orang siswa. (4) Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X IPA 1 yang diterapkan pendekatan VAK (Visual Auditory Kinesthetic) berbasis lingkungan. (5) Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Hasil penelitian berdasarkan analisis data yang dilakukan dengan uji-t (Paired sample test) diperoleh nilai signifikansi (sig 2-tailed) sebesar 0,004 < 0,05 sehingga Ha diterima yang artinya bahwa penerapan pendekatan VAK (Visual Auditory Kinesthetic) berbasis lingkungan dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas X di SMA Negeri 12 Palembang. Berdasarkan peningkatan penguasaan konsep siswa pada tes awal dan tes akhir yang mengalami peningkatan tertinggi yaitu pada indikator C3 (mengaplikasikan) sebesar 47% sedangkan peningkatan paling rendah pada indikator C5 (mengevaluasi) hanya 7%. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan penguasaan konsep siswa kelas X melalui penerapan pendekatan VAK berbasis lingkungan di SMA Negeri 12 Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Hj. Aseptianova, M.Pd 2. Ervina Mukharomah S.Pd.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan VAK (Visual Auditory Kinesthetic), Penguasaan Konsep.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 17 Jul 2019 06:14
Last Modified: 17 Jul 2019 06:14
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4615

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.