PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

INDAH PERMATASARA, NIM. 342014002 (2019) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014002_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
3414002_BAB II_SAMPAI_TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Modul Biologi, Sistem pencernaan Manusia Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui pengembangan modul biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem pencernaan manusia, 2). Mengetahui kelayakan modul biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem pencernaan manusia, dan 3). Mengetahui efektifitas modul biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini menggunakan metode Research And Develoment atau R&D dengan menggunakan prosedur Borg And Gal lyang telah dimodifikasi yaitu 10 tahap. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap ke-9. Instrumen yang dugunakan berupa lembar validasi dan angket respon untuk mengetahui kelayakan modul yang diberikan pada ahli validator, guru dan siswa menggunakan skala likert dengan lima penilaian disusun dalam bentuk Ceklist. Instrumen yang digunakan untuk uji efektifitas menggunakan soal pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil validasi diperoleh hasil rerata 87,89%, dengan demikian produk yang dikembangkan dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Setelah itu dilakukan uji coba skala kecil/terbatas kemudian modul digunakan dalam proses pembelajaran untuk mengetahui keefektifan modul. Hasil rerata dari respon guru 85,90% dan rerata respon siswa 85,77% sehingga dinyatakan dalam kriteria menarik dan praktis untuk digunakan. Kemudian modul digunakan dalam proses pembelajaran diperoleh hasil berdasarkan hasil uji pada pre-test dan post tes t 0,00. Jadi 0,00<0,05 yang berarti modul efektif untuk digunakan karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Drs. Suyud Abadi, M.Si 2. Rindi Novitri Antika, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Modul Biologi, Sistem pencernaan Manusia
Subjects: Biologi
Administrasi Pendidikan > Metode Mengajar dan Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 02 Jul 2019 02:50
Last Modified: 02 Jul 2019 02:50
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4569

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.