PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JUCAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X.1 MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 RANTAU PANJANG, OGAN ILIR

NONI LESTARI, 342014128 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JUCAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X.1 MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 RANTAU PANJANG, OGAN ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014128_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (808kB) | Preview
[img] Text
342014128_BAB II_ SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)

Abstract

Lestari, Noni, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Jucama terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X.I Materi Keanekaragaman Hayati di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rantau Panjang, Ogan Ilir. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (SI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Hendra S.Pd.,M.Si., (II) Rindi Novitri Antika S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Jucama, Hasil Belajar Kelas X.1. Pendidikan selalu diorientasikan pada penyiapan siswa untuk berperan di masa yang akan datang. Oleh karena itu pendidikan hendaknya mengarah pada upaya pembentukan manusia yang tanggap dan peka terhadap lingkungan, disamping itu pendidikan juga diarahkan untuk meningkatkan potensi siswa sebagai subyek pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pengajuan dan pemecahan masalah (jucama) terhadap hasil belajar siswa kelas X.1 materi keanekaragaman hayati Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rantau Panjang, Ogan Ilir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.1 yang dipilih dengan tehnik Purposive sampling. Metode penelitian adalah pra-Eksperimental digunakan 1 kelas sehingga tidak ada kelas pembanding, desain penelitian menggunakan pretest dan posttest. Sedangkan instrumen penelitian hasil belajar ranah kognitif adalah soal, afektif dan psikomotor menggunakan lembar observasi. Hasil uji t data berpasangan (paired sample test) nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,025 berati ada pengaruh model pembelajaran pengajuan dan pemecahan masalah (jucama) terhadap hasil belajar siswa kelas X.1 materi keanakeragaman hayati Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rantau Panjang, Ogan Ilir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. HENDRA S.Pd.,M.Si pembimbing 2. Rindi Novitri Antika S.Pd.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Pembelajaran Jucama, Hasil Belajar Kelas X.1.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 21 Jun 2019 03:04
Last Modified: 21 Jun 2019 03:05
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4532

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.