HERNI MARENTI AMARSON, NIM. 342013035 (2018) Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Learning Start With a Question (LSQ) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas VIII di SMP Negeri 33 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
342013035_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
342013035_BAB II_SAMPAI_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (626kB) |
Abstract
Marenti Amarson, Herni. 2018. Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Learning Start With a Question (LSQ) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas VIII di SMP Negeri 33 Palembang. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (SI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Aseptianova, M.Pd(II) Binar Azwar Anas Harfian, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Learning Start With a Question (LSQ), Hasil Belajar Siswa Keberhasilan pendidikan sangat ditentukan oleh kurikulum dan metodologi pembelajaran serta kinerja dari proses pembelajaran yang berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan bergantung pada bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa sebagai anak didik. Sebagian besar masalah yang dihadapi sistem pendidikan berujung pada dua persoalan utama, yaitu kurikulum dan metodologi pembelajaran. Kurikulum berfungsi sebagai kompas dalam arti penentu arah jalannya proses pembelajaran yang akan digunakan. Sementara itu, metodologi pembelajaran adalah ujung tombaknya. Kurikulum tidak mungkin berjalan dengan baik dan benar jika tidak diikuti oleh sistem dan metode pembelajaran yang sistematis dan terpadu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Learning Start With a Question (LSQ) terhadap hasil belajar siswa pada Pembelajaran Biologi kelas VIII di SMP Negeri 33 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan non equivalent control grup design (desain kelompok kontrol non-ekuivalen). Penelitian ini menggunakan uji-t data tidak berpasangan (indenpendent sampel t test). Berdasarkan hasil analisis perhitungan uji-t tidak berpasangan diperoleh bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < dari nilai 0,05, maka Ha dinyatakan diterima. Artinya strategi pembelajaran Learning Start With a Question (LSQ) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi kelas VIII SMP Negeri 33 Palembang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Dra. Hj. Aseptianova, M.Pd. 2. Binar Azwar Anas Harfian, S.Pd,. M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Learning Start With a Question (LSQ), Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | Biologi > Anatomi dan Morfologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 08 May 2019 02:36 |
Last Modified: | 08 May 2019 02:36 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4432 |
Actions (login required)
View Item |