PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA PADA MATERI JAMUR DI SMA NEGERI 13 PALEMBANG

NURAINI ARITONANG, NIM. 342014121 (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA PADA MATERI JAMUR DI SMA NEGERI 13 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014121_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (913kB) | Preview
[img] Text
342014121_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)

Abstract

Kata Kunci : Model Discovery Learning, Hasil Belajar. Pembelajaran biologi masih sering mengutamakan produk sehingga proses pembelajaran cenderung berpusat pada guru untuk mencapai penguasaan konsep materi pembelajaran diperlukan inovasi model pembelajaran. Inovasi model pembelajaran juga disesuaikan dengan karakteristik materi. Model pembelajaran dalam pembelajaran biologi hendaknya dipilih sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Model pembelajaran Discovery Learning yang mengarahkan pesertadidik untuk memahami konsep,arti dan hubungan melalui prosesintuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk m ngam il ju ul “Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA pada materi Jamur (Fungi) di SMA Negeri 13 Palembang”. ( ) Tujuan p n litian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learningterhadap hasil belajar siswa kelas X IPA pada materi jamur di SMA Negeri 13 Palembang. (2) Metode penelitian menggunakan Quasi eksperimen dengan desain Non Equivalent Pretest-Posttest Control Group Desain. (3) Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan tes. (4) Subjek penelitian adalah kelas X menggunakan Purposive sampling. Hasil penelitian (1)Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di SMA Negeri 13 Palembang tahun ajaran 2018/2019 dapat disimpulkan bahwa model pembelajaranDiscovery Learningberbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, ranah afektif, ranah psikomotor kelas X pada Materi Jamur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Sri Wardhani, M.Si 2. Sapta Handaiyani, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Hasil Belajar.
Subjects: Biologi
Administrasi Pendidikan > Metode Mengajar dan Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 18 Apr 2019 04:45
Last Modified: 18 Apr 2019 04:45
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4381

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.