PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING BERBANTUAN LKPD MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH SERI KEMBANG

AYU PRIMADINI, NIM. 342014113 (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING BERBANTUAN LKPD MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH SERI KEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014113_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (841kB) | Preview
[img] Text
342014113_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)

Abstract

Kata Kunci : Model Problem Solving, Hasil Belajar. Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat pada abad 21 ini membawa dampak yang sangat signifikan, dimana proses peralihan dari abad industrialisasi ke abad pengetahuan menuntut setiap bidang dalam kehidupan berubah sangat cepat dan harus dapat beradaptasi dengan cepat, begitu pula dengan pendidikan. Proses pembelajaran diarahkan pada penciptaan suasana aktif, kritis, analisis, dan kreatif dalam pemecahan masalah. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk me g m judu “Pe g u ode Problem Solving Berbantuan LKPD Materi Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X di d s y u mm d y Se Kem g”. ( ) Tuju pe e t u tu mengetahui pengaruh model problem solving berbantuan LKPD materi keanekaragaman hayati dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Seri Kembang. (2) Metode penelitian menggunakan Quasi eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. (3) Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan tes. (4) Subjek penelitian adalah kelas X menggunakan total sampling. Hasil penelitian (1) Berdasarkan analisis data yang dilakukan menggunakan uji wilxocon menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, maka Ha diterima yang artinya ada perbedaan nilai pretest dan posttest, jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem solving berbantuan LKPD terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi keanekaragaman hayati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Sri Wardhani, M.Si. 2. Sapta Handaiyani, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Model Problem Solving, Hasil Belajar.
Subjects: Biologi
Administrasi Pendidikan > Metode Mengajar dan Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 18 Apr 2019 04:42
Last Modified: 18 Apr 2019 04:42
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4379

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.