ZIDNI ILMA NAFI'A, NIM. 622014084 (2019) PERAN GURU MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA DI MTs MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622014084_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
622014084_BAB II_SAMPAI_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (550kB) |
Abstract
Pendidikan akhlak merupakan salah satu pondasi yang penting dalam membentuk insan yang berakhlak mulia, guna menciptakan manusia yang bertaqwa dan menjadi seorang muslim yang sejati. Terjadinya kemerosotan akhlak merupakan penyakit yang dapat dengan cepat menjalar secara luas merambat ke segala bidang kehidupan umat manusia jika tidak segera di atasi. Dengan pelaksanaan pendidikan akhlak tersebut, diharapkan setiap muslim mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam menumbuhkan perilaku sopan santun siswa di MTs Muhammadiyah 1 Palembang? Bagaimana keadaan perilaku siswa di MTs Muhammadiyah 1 Palembang? Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam menumbuhkan perilaku sopan santun siswa di MTs Muhammadiyah 1 Palembang?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran seorang guru aqidah akhlak dalam menumbuhkan sopan santun dalam diri siswa, mengetahui keadaan sopan santun siswa, dan faktor pendukung dan penghambat seorang guru dalam menumbuhkan sopan santun siswa. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perilaku sopan santun siswa di MTs muhammadiyah 1 Palembang sudah menerapkan perilaku yang positif, hal ini terlihat oleh tingkat kebiasaan sopan santun siswa yang sering berkata kasar kepada sesama murid dan guru sudah berkembang dengan baik. Peran guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter sopan santun baik di kelas maupun di luar kelas telah melakukan tugasnya dengan baik yaitu dengan mendidik dengan keteladanan, mendidik dengan pembiasaan, mendidik dengan menerapkan kebijakan, pengawasan dan pendampingan, mendidik dengan pembinaan disiplin peserta didik, dan mendidik dengan bekerja sama bersama orangtua peserta didik. Adapun faktor pendukung guru aqidah akhlak dalam menumbuhkan sopan santun siswa meliputi faktor lingkungan keluarga, katauladanan dari guru, lingkungan institusional (sekolah), dan komunikasi dengan berbagai pihak. Sedangkan kurang berhasilnya peran guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa yaitu kurangnya kesadaran siswa, sarana yang kurang, dan lingkungan. Kata Kunci : Peran Guru, Perilaku Sopan Santun
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1. Drs. Abu Hanifah, M.Hum. 2. Titin Yenni, S.Ag., M.Hum |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Sopan Santun |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 28 Mar 2019 04:56 |
Last Modified: | 28 Mar 2019 04:56 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4006 |
Actions (login required)
View Item |