YULIS SULASTRI, NIM. 342013020 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TANAH ABANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
342013020_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (292kB) | Preview |
|
Text
342013020_BAB II_sampai_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) |
Abstract
Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing, LKS, Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan (LKS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada materi sistem pencernaan di SMA Negeri 1 Tanah Abang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian non equivalent control group design. Sample penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan model inkuiri terbimbing dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji homogentitas dan uji t. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung4,708>ttabel 1,993 dan signifikan 0,000< 0,05 maka Ha diterima. Disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan LKS berbeda nyata (83,84) dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode konvensional (78,49). Hasil penelitian kemampuan afektif siswa menunjukkan nilai persentase tertinggi yaitu 51,35% dan persentase terendah yaitu 6,75%, sedangkan nilai kemampuan psikomotorik nilai persentase tertinggi yaitu 43,24% dan nilai persentase terendah yaitu 5,40%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKS efektif meningkatkan hasil belajar siswa materi sistem pencernaan kelas XI SMA Negeri 1 Tanah Abang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | pembimbing 1. Dr. Saleh Hidayat, M.Si. 2. Prihatin, Spd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing, LKS, Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan (LKS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada materi sistem pencernaan di SMA Negeri 1 Tanah Abang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian non equivalent control group design. Sample penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan model inkuiri terbimbing dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji homogentitas dan uji t. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung4,708>ttabel 1,993 dan signifikan 0,000< 0,05 maka Ha diterima. Disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan LKS berbeda nyata (83,84) dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode konvensional (78,49). Hasil penelitian kemampuan afektif siswa menunjukkan nilai persentase tertinggi yaitu 51,35% dan persentase terendah yaitu 6,75%, sedangkan nilai kemampuan psikomotorik nilai persentase tertinggi yaitu 43,24% dan nilai persentase terendah yaitu 5,40%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKS efektif meningkatkan hasil belajar siswa materi sistem pencernaan kelas XI SMA Negeri 1 Tanah Abang. |
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 28 Mar 2019 03:58 |
Last Modified: | 28 Mar 2019 03:58 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3997 |
Actions (login required)
View Item |