ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DENGAN METODE SWOT DAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) PADA DATANET DIGITAL PRINTING

RIKO HERDIAN, NIM. 152021013 (2025) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DENGAN METODE SWOT DAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) PADA DATANET DIGITAL PRINTING. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
152021013_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
152021013_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
152021013_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
152021013_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
152021013_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
152021013_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
152021013_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
152021013_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan bisnis Datanet Digital Printing Palembang menggunakan pendekatan SWOT dan Business Model Canvas (BMC). Datanet merupakan usaha digital printing yang telah beroperasi sejak tahun 2005 namun menghadapi tantangan berupa meningkatnya jumlah kompetitor dan belum optimalnya strategi pemasaran digital. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil analisis SWOT menunjukkan adanya kekuatan seperti harga kompetitif dan pelayanan cepat, namun terdapat kelemahan dalam manajemen pemasaran dan digitalisasi. Peluang muncul dari pertumbuhan industri kreatif dan e-commerce, sementara ancaman berasal dari persaingan yang ketat dan perubahan teknologi. Analisis BMC menunjukkan perlunya penguatan di elemen customer relationship dan channels. Strategi yang dihasilkan antara lain optimalisasi media sosial, peningkatan kemitraan, dan inovasi layanan berbasis digital. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategi pengembangan yang dapat memperkuat posisi Datanet di pasar lokal serta meningkatkan daya saing melalui pendekatan model bisnis yang lebih adaptif dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nidya Wisudawati, S.T., M.T., M.Eng. Ir. Masayu Rosyidah, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, SWOT, Business Model Canvas, UKM, Digital Printing
Subjects: Digitalisasi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 26 Dec 2025 03:55
Last Modified: 26 Dec 2025 03:55
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/34325

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.