Choky Parian, NIM. 612021020 (2025) STRATEGI KOMUNIKASI GURU AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH PANGKALAN BALAI (STUDI KASUS KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN). Tugas Akhir thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
612021020_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (947kB) | Preview |
|
|
Text
612021020_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
||
|
Text
612021020_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
||
|
Text
612021020_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
||
|
Text
612021020_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
|
Text
612021020_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
|
Text
612021020_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) |
||
|
Text
612021020_Cover_Sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Choky Parian NIM:612021020. “Strategi Komunikasi Guru Al-Islam Kemuhammadiyahan Terhadap Pembinaan Akhlak Di SMK Muhammadiyah Pangkalan Balai (Studi Kasus : Kelas X Teknik Komputer Jaringan)”. Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) (II) Pembinaan akhlak siswa menjadi aspek penting dalam proses pendidikan, khususnya di sekolah berbasis nilai-nilai Islam seperti SMK Muhammadiyah Pangkalan Balai. Guru Al-Islam Kemuhammadiyahan memiliki peran strategis tidak hanya dalam menyampaikan materi keagamaan, tetapi juga dalam membina karakter siswa agar sesuai dengan nilai-nilai moral Islami. Namun, dalam pelaksanaannya, guru menghadapi berbagai tantangan seperti rendahnya pemahaman siswa terhadap pembinaan, pengaruh media sosial, dan hambatan komunikasi yang mengganggu efektivitas penyampaian nilai akhlak. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi: (1) apa yang melatarbelakangi timbulnya strategi komunikasi guru Al-Islam Kemuhammadiyahan dalam membina dan mempengaruhi akhlak siswa; (2) bagaimana strategi komunikasi yang diterapkan dalam membina dan mempengaruhi akhlak siswa; dan (3) apa saja kendala yang dihadapi dalam menerapkan strategi komunikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru Al-Islam Kemuhammadiyahan dan siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Muhammadiyah Pangkalan Balai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi komunikasi guru timbul karena adanya kebutuhan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang terbuka dan adaptif terhadap karakter siswa yang beragam, serta pentingnya peran komunikasi dalam menyampaikan nilai-nilai moral Islam secara efektif; (2) strategi komunikasi yang diterapkan meliputi komunikasi interpersonal, diskusi terbuka, pendekatan persuasif, penggunaan media visual, serta keteladanan dalam perilaku guru yang mencerminkan nilai-nilai Kemuhammadiyahan; (3) kendala yang dihadapi guru antara lain pengaruh negatif media sosial, kurangnya pemahaman siswa terhadap makna pembinaan, serta hambatan psikologis dan emosional siswa. Guru mengatasinya dengan membangun komunikasi empatik, pendekatan personal, dan pembinaan berkelanjutan. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Guru Al-Islam Kemuhammadiyahan, Akhlak, Pembinaan Siswa.i
| Item Type: | Thesis (Tugas Akhir) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr. Ahmad Jumhan, M.Hum. , 2. Dr. Idmar Wijaya, S.Ag,. |
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Guru Al-Islam Kemuhammadiyahan, Akhlak, Pembinaan Siswa. |
| Subjects: | Komunikasi Penyiaran Islam > Komunikasi dakwah Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar |
| Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 03:34 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 03:34 |
| URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/34076 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
