Regita Dwi Fernanda, NIM : 612021019 (2025) PEMANFATAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI UNTUK PERSONAL BRANDING (Studi Kasus Redaksi Harian Sumatera Ekspres). Skripsi thesis, Fakultas Agama Islam.
|
Text
612021019_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
612021019_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
612021019_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
|
![]() |
Text
612021019_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
|
![]() |
Text
612021019_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
![]() |
Text
612021019_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
|
![]() |
Text
612021019_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
![]() |
Text
612021019_Cover_Sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Regita Dwi Fernanda. 2025. Pemanfatan Instagram sebagai Media Komunikasi untuk Personal Branding Redaksi Harian Sumatera Ekspres. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Dr. Abu Hanifah, M.Hum. (2) Titin Yenni,S.Ag.,M.Hum. Perkembangan pesat teknologi informasi telah menjadikan internet dan media digital sebagai bagian integral dari kehidupan masyarakat, termasuk dalam pola komunikasi dan interaksi sosial. Salah satu platform digital yang banyak digunakan adalah Instagram, yang berperan penting dalam personal branding dan strategi komunikasi profesional. Media seperti Harian Sumatera Ekspres memanfaatkan Instagram untuk menyebarkan konten jurnalistik, namun tingkat interaksinya masih rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan Instagram sebagai media komunikasi dalam membangun personal branding, khususnya oleh redaksi Harian Sumatera Ekspres. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk memahami pemanfaatan Instagram dalam membangun hubungan yang lebih dekat dengan audiens, serta tantangan yang dihadapi dalam menyampaikan informasi yang kompleks melalui platform yang mengutamakan konten visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Instagram terbukti menjadi media yang efektif untuk membangun personal branding jurnalis di lingkungan redaksi Harian Sumatera Ekspres. Fitur seperti foto, video, cerita, dan pesan langsung dimanfaatkan untuk menampilkan kualitas kerja, mendekatkan diri dengan audiens, serta membangun citra profesional. 2) Instagram memiliki potensi besar dalam meningkatkan personal branding, terutama di kalangan audiens muda dan pembaca aktif di media sosial. 3) di lingkungan redaksi, terdapat tantangan signifikan dalam menyampaikan informasi yang kompleks sesuai dengan karakteristik Instagram yang lebih mengutamakan konten singkat, visual, dan mudah dikonsumsi. Jurnalis dihadapkan pada kebutuhan untuk meramu informasi secara ringkas namun tetap informatif, agar sesuai dengan preferensi audiens dan algoritma Instagram. Oleh karena itu, menjaga keseimbangan antara menampilkan kepribadian dan tetap menjaga citra profesional menjadi hal yang penting dalam membangun personal branding di Instagram. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai strategi efektif dalam memanfaatkan Instagram untuk personal branding di kalangan jurnalis dan media. Kata Kunci : Instagram, Media Komunikasi, Personal Branding
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1. Dr. Abu Hanifah, M.Hum 2. Titin Yenni, S.Ag, M.Hum |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Instagram, Media Komunikasi, Personal Branding |
Subjects: | Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 01:08 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 01:08 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33746 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |