Agnes Oktarina, 642021032 (2025) Strategi Pemasaran Terhadap Pendapatan Usaha Dalam Perspektif Ekonomi Islam Kerupuk Kemplang Maulana 88 Plaju Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhamadiyah Palembang.
|
Text
642021032_Cover sampai Bab 1+Daftar Pustaka (2).pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
642021032_ Bab II (1).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (768kB) |
|
![]() |
Text
642021032_ Bab III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
|
![]() |
Text
642021032_ Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
|
![]() |
Text
642021032_ Bab V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
|
![]() |
Text
642021032_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
![]() |
Text
642021032_ Lampiran..pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
![]() |
Text
642021032_ Full Skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
AGNES OKTARINA, 642021032 Skripsi dengan judul “STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENDAPATAN USAHA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM KERUPUK KEMPLANG MAULANA 88 PLAJU PALEMBANG”. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran memengaruhi pendapatan usaha dari sudut pandang ekonomi Islam pada Kerupuk Kemplang Maulana 88 Palembang serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan pendapatan usaha sesuai prinsip ekonomi Islam, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif-analitis, dengan data primer dan sekunder yang diperoleh melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagai agen distributor yang tidak terlibat langsung dalam proses produksi, Kerupuk Kemplang Maulana 88 menerapkan strategi pemasaran berupa: pemilihan produk berkualitas dari pabrik, penetapan harga yang adil dan kompetitif, lokasi penjualan yang strategis, serta promosi melalui media sosial.Faktor pendukung strategi pemasaran meliputi kualitas produk yang konsisten, harga yang sesuai dengan pasar, dan penggunaan media sosial. Sementara itu, faktor penghambatnya adalah keterbatasan ekspansi usaha dan persaingan pasar yang cukup ketat.Dari perspektif ekonomi Islam, strategi pemasaran yang diterapkan telah mencerminkan nilai-nilai syariah seperti kejujuran,keadilan, dan keberkahan dalam transaksi. Hal ini tidak hanya meningkatkan pendapatan usaha, tetapi juga memberikan manfaat sosial dan spiritual bagi pelaku usaha maupun konsumen. Dengan memaksimalkan faktor pendukung dan mengatasi hambatan yang ada, strategi pemasaran yang sesuai prinsip ekonomi Islam dapat membantu pengembangan usaha Kerupuk Kemplang Maulana 88 secara berkelanjutan serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Pendapatan Usaha, Perspektif Ekonomi Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. M.Jauhari.S.E.,M.Si 2. Ayu Munawarah,S.Ag.,M.Hum |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pendapatan Usaha, Perspektif Ekonomi Islam |
Subjects: | Ekonomi dan Bisnis Ekonomi Syariah > Upah Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 04:30 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 04:30 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33569 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |