PENGARUH MEDIA BELAJAR CHATGPT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

Anjarwati, NIM. 622021009 (2025) PENGARUH MEDIA BELAJAR CHATGPT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622021009_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622021009_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
622021009_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
622021009_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
622021009_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
622021009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
622021009_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
622021009_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Anjarwati, 622021009. PENGARUH MEDIA BELAJAR CHATGPT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya minat belajar dan kurangnya variasi media pembelajaran yang interaktif di kalangan siswa kelas XI. Penggunaan media belajar berbasis teknologi seperti ChatGPT diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media belajar ChatGPT terhadap prestasi belajar siswa kelas XI TJKT 5. ChatGPT merupakan salah satu bentuk kecerdasan buatan (AI) yang kini mulai digunakan sebagai sarana pembelajaran yang interaktif dan berbasis teknologi. Perkembangan teknologi digital yang begitu pesat menuntut dunia pendidikan untuk terus beradaptasi, termasuk dalam hal pemanfaatan media belajar yang lebih fleksibel, cepat, dan sesuai dengan kebutuhan generasi saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TJKT 5 di SMK Muhammadiyah 1 Palembang yang telah menggunakan ChatGPT sebagai bagian dari proses belajar. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket mengenai penggunaan ChatGPT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media belajar ChatGPT terhadap prestasi belajar siswa di kelas XI TJKT 5 pada mata pelaajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhaammadiyah 1 Palembang, dari rata-rata nilai Variabel X (Media Belajar ChatGPTP) adalah 40,74. Sedangkan prestasi siswa dari perhitungan rata-rata nilai Variabel Y(Prestasi Siswa) adalah 82,86. Jadi pengaruh media belajar ChatGPT terhadap prestasi belajar siswa kelas XI TJKT 5 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Palembang berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh nilai r hitung sebesar 0,188 sedangkan nilai r tabel sebesar 0,344 pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (df) = 33. Karena r hitung < r tabel, maka hipotesis nol (Ho) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Kata kunci: ChatGPT, media belajar, prestasi belajar, kecerdasan buatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing 1: Dra. Yuslaini, M.Pd pembimbing 2: Nur Azizah, S.Ag.,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: ChatGPT, media belajar, prestasi belajar, kecerdasan buatan
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Anjarwati Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 20 Sep 2025 06:40
Last Modified: 20 Sep 2025 06:40
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33456

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.