PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN SEMAGAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 LALAN

FAJAR ISTIQOMAH, 622021008 (2025) PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN SEMAGAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 LALAN. PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN SEMAGAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 LALAN. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
622021008_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (878kB) | Preview
[img] Text
622021008_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text
622021008_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text
622021008_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text
622020108_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text
622021008_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text
622021008_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
622021008_CAVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Fajar Istiqomah_622021008. Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 1 Lalan. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Sri Yanti, S.Pd.,M.Pd (II) M. Jauhari, S.E.,M.Si Metode diskusi merupakan pengajaran metode yang mana guru memberikan suatu persoalan (masalah) pada murid diberikan secara bersama-sama untuk memecahkan masalah tersebut dengan teman-temannya. Dalam diskusi saling tukar-menukar informasi, menerima informasi, dapat pula mempertahankan pendapatnya dalam rangka pemecahan masalah yang dihadapi oleh siswaAdapun permasalahan diantaranya sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan metode diskusi siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Lalan. (2) Bagaimana semangat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam penerapan metode diskusi pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 Lalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru PAI, guru mata pelajaran lain, dan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lalan. Adapun hasil penelitian berdasarkan rumusan masalah adalah sebagai berikut: (1) Penerapan metode diskusi dilakukan melalui pengelompokan siswa, pemberian topik sesuai materi, dan peran guru sebagai fasilitator. (2) Semangat belajar siswa meningkat terlihat dari keaktifan, keberanian berpendapat, dan tanggung jawab dalam belajar. (3) Faktor pendukung: motivasi guru, kerja sama antar siswa, dan suasana kelas yang kondusif. Selanjutnya faktor penghambat: keterbatasan waktu, kurang percaya diri, dan media pembelajaran yang kurang optimal. Kata Kunci: Metode Diskusi, Semangat Belajar dan Pendidikan Agama Islam

Item Type: Article
Additional Information: 1. Ibu Sri Yanti, S.Pd.,M.Pd 2. M. Jauhari, S.E.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi, Semangat Belajar dan Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Anjarwati Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 20 Sep 2025 03:53
Last Modified: 20 Sep 2025 03:53
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33436

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.