Dea Enggraini, NIM 622021040 (2025) PENGARUH METODE KOOPERATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 09 PEMULUTAN

Dea Enggraini, NIM 622021040 (2025) Dea Enggraini, NIM 622021040 (2025) PENGARUH METODE KOOPERATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 09 PEMULUTAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622021040_BAB I_DAFTAR PUSTAKA. PDF.pdf - Published Version

Download (867kB) | Preview
[img] Text
622021040_BAB II. PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
622021040_BAB III.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
622021040_BAB IV. PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
622021040_BAB V.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
622021040_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
622021040_LAMPIRAN. PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
622021040_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Metode Kooperatif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 09 Pemulutan”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya Pendidikan dalam membentuk karakter dan meningkatkan kualitas belajar siswa. Berdasarkan observasi di SD Negeri 09 Pemulutan, ditemukan bahwa guru masih dominan menggunakan metodeceramah sehingga menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa, seperti metode kooperatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Metode Kooperatif Teradap Motivasi Belajar Siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasi product moment. Sampel penelitian berjumlah 46 siswa yang dipilih menggunakan tehnik sampling kuota dengan acuan Suharsimi Arikunto. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan dokumentasi pelaksanaan Metode Kooperatif dan Motivasi Belajar siswa. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara metode pembelajaran kooperatif terhadap motivasi belajar siswa. Dengan demikian, metode kooperatif dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Metode Kooperatif, Motivasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Azwar Hadi, S. Ag., M. Pd. I 2. Hendri Nur Alam, S. E., M. Si
Uncontrolled Keywords: Metode Kooperatif, Motivasi Belajar Siswa.
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Pendidikan Agama Islam > Metodelogi
Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 10 Oct 2025 03:19
Last Modified: 10 Oct 2025 03:19
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33408

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.