HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG

NIKIY MARLINA, NIM. 342020002 (2025) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342020002_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[img] Text
342020002_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text
342020002_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text
342020002_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text
342020002_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text
342020002_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text
342020002_BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text
342020002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text
342020002_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
342020002_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi belajar siswa yang memengaruhi kemajuan akademik, terutama dalam mata pelajaran IPA yang menjadi pendorong utama dalam penelitian ini. motivasi yang tinggi diharapkan dapat memaksimalkan hasil belajar, motivasi yang rendah dapat menghambat keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar siswa IPA kelas VIII terhadap hasil belajar mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Sampel penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII U1-U3 yang berjumlah 115 siswa sedangkan data motivasi belajar diperoleh melalui angket berskala Likert sedangkan hasil belajar diperoleh dari nilai Penilaian Tengah Semester (PTS). Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen penelitian layak digunakan. Sedangkan hasil nilai uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dengan nilai koefisien korelasi r = 0,197 yang berarti menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa, semakin baik pula hasil belajar yang dicapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dra. Hj. Aseptianova, M.Pd. Pembimbing 2. Dr. Meli Astriani, M.Si.
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, hasil belajar, ipa, korelasi.
Subjects: Administrasi Pendidikan > Mengajar dan Pengajar
Administrasi Pendidikan > Siswa
Administrasi Pendidikan > Studi dan Pengajaran Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 08 Sep 2025 03:18
Last Modified: 08 Sep 2025 03:18
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33050

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.