Laila Hayati, NIM. 332021001 (2025) Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker Dengan Pendekatan (Contextual Teaching And Learning) CTL Pada Materi Limas Segi Empat Kelas VIII SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
332021001_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (795kB) | Preview |
|
![]() |
Text
332021001_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (493kB) |
|
![]() |
Text
332021001_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
|
![]() |
Text
332021001_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
![]() |
Text
332021001_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
|
![]() |
Text
332021001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
![]() |
Text
332021001_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
![]() |
Text
332021001_Cover_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis Flipbook Maker dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi limas segi empat kelas VIII SMP/MTs dan mengetahui efek potensial dari menggunakan e-modul yang telah dikembangkan terhadap hasil belajar peserta didik sekolah menengah pertama. Selain itu, Penelitian ini juga menyelidiki potensi manfaat dan efektivitas dari pendekatan ini. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Seri Kembang dengan jumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis flipbbok maker dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui tahap validasi oleh 1 ahli materi, 1 ahli bahasa, 1 ahli media. Penelitian yang dikembangkan dinyatakan kualitas baik dengan hasil sebagai berikut: 1) uji kelayakan ahli materi dengan skor 3,825 dengan kriteria "sangat layak", uji kelayakan ahli bahasa dengan skor 3,6 dengan kriteria ″sangat layak″, uji kelayakan ahli media dengan skor 3,03 dengan kriteria ″sangat layak″; 2) uji kelayakan dengan skor respon guru 3,7 dengan kriteria ″sangat layak″ dan rata-rata penilaian respon peserta didik coba terbatas 86,6% dengan kriteria "sangat praktis" serta rata-rata penilaian respon uji coba kelompok besar (field test) 87,07% dengan kriteria "sangat praktis". Dan hasil tes akhir kemampuan peserta didik pada tahap field test menunjukkan efek potensial buktikan dengan nilai 92%dengan kriteria "sangat baik" hal ini menunjukkan bahwa e-modul yang dibuat memiliki dampak terhadap hasil belajar peserta didik dan berdampak pada keaktifan peserta didik dalam mengerjakan e-modul.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Dr. H. Muslimin Tendri, M.Pd Pembimbing : 2. Agus Supriadi, S.Si., M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : e-modul, Flipbook Maker, Contextual Teaching and Learning (CTL), limas segi empat. |
Subjects: | Matematika > Filsafat dan Teori Matematika Matematika > Ilmu Hitung Matematika > Teori dan Konstruksi Grafik Matematika > Topologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 06 Sep 2025 06:54 |
Last Modified: | 06 Sep 2025 06:54 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32989 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |