HUBUNGAN MENGIKUTI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG

NORA LION RIZKY, NIM. 342019020 (2025) HUBUNGAN MENGIKUTI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342019020_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
342019020_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[img] Text
342019020_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (759kB)
[img] Text
342019020_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)
[img] Text
342019020_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] Text
342019020_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
342019020_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
342019020_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
342019020_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya minat mahasiswa program studi kependidikan untuk berprofesi sebagai guru menjadi isu yang perlu mendapatkan perhatian serius. Minat memiliki peran esensial sebagai dorongan intrinsik yang memotivasi mahasiswa calon guru dalam membangun profesionalisme dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara partisipasi dalam program kampus mengajar dengan minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Subjek penelitian berjumlah 30 mahasiswa yang merupakan peserta program kampus mengajar angkatan 5, 7, dan 8. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara program kampus mengajar dengan minat menjadi guru, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,928 dan signifikansi 0,000. Temuan ini mengindikasikan bahwa keterlibatan mahasiswa dalam program kampus mengajar memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan minat untuk menekuni profesi guru, khususnya melalui pengalaman praktis yang diperoleh selama pelaksanaan program.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Saleh Hidayat, M.Si. 2. Dr. Erni Angraini, M.Si.
Uncontrolled Keywords: kampus mengajar, minat menjadi guru, guru biologi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 06 Sep 2025 03:21
Last Modified: 06 Sep 2025 03:21
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32911

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.