PUTRI NUZUL SALAMAH, NIM.332021008 (2025) Pengembangan Media Pembelajaran UNO Math Berbasis Kearifan Lokal Sumatera Selatan Pada Materi Aljabar Di SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
332021008_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
332021008_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
332021008_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (912kB) |
|
![]() |
Text
332021008_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
332021008_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) |
|
![]() |
Text
332021008_ DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) |
|
![]() |
Text
332021008_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
|
![]() |
Text
332021008_Cover_Sampai_ Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Prestasi matematika peserta didik di Indonesia berdasarkan studi TIMSS tergolong masih rendah, berada di peringkat 44 dari 49 negara dengan skor 397, di bawah rata-rata internasional 500. Pembelajaran matematika di sekolah masih sering berfokus pada buku cetak tanpa mengaitkan materi dengan kehidupan nyata. Media pembelajaran yang kreatif dan inovatif seperti permainan kartu dapat menjadi alat bantu pada proses pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan pengalaman belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan menghasilkan media pembelajaran UNO Math berbasis kearifan lokal Sumatera Selatan pada materi aljabar di SMP yang valid dan praktis serta mengetahui efek potensial dari penggunaan media pembelajaran UNO Math. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Development Research) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba penelitian adalah peserta didik kelas VII.5 di SMP Negeri 29 Palembang yang berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian media pembelajaran UNO Math dinyatakan “sangat valid” berdasarkan penilaian ahli materi dengan presentase 87,5% dan ahli media dengan presentase 100% . Uji kepraktisan menunjukkan respon guru “sangat praktis” dengan presentase 95,8% serta respon peserta didik pada uji coba terbatas “sangat praktis” dengan presentase 97% dan respon peserta didik uji coba skala besar “sangat praktis” dengan presentase 91%. Efek potensial media terhadap hasil belajar peserta didik mencapai 80% dengan kategori "Baik". Kata Kunci: Media pembelajaran UNO Math, kearifan lokal Sumatera Selatan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Dr. H. Muslimin, M.Pd. 2. Agus Supriadi,S.Si., M.Si, |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Media pembelajaran UNO Math, kearifan lokal Sumatera Selatan |
Subjects: | Matematika > Aljabar Matematika > Ilmu Hitung Matematika > Logika Simbolik (Logika Matematis) Matematika > Simulasi Matematis |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 06 Sep 2025 02:52 |
Last Modified: | 06 Sep 2025 02:52 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32885 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |